Tahun 2021, Dinas Perkim Kota Tangerang Lanjutkan Program Jamban Sehat

Pembangunan Jamban Sehat di Kelurahan Sangiang, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

FORWAT, KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) kembali melanjutkan program jamban sehat. Sebelumnya, program tersebut sempat berhenti lantaran adanya rasionalisasi anggaran dampak pandemi covid 19.

Kepala Seksi (Kasie) P3 Perkim Kota Tangerang, Sari, saat ditemui, Jumat (10/9/2021) mengatakan bahwa tahun ini (2021) program pembangunan jamban sehat sebanyak 20 unit, yang tersebar di wilayah Kecamatan Periuk, Kecamatan Benda, dan Kecamatan Neglasari. Saat ini Progres pengerjaannya sudah mencapai sekitar 90 persen, artinya pembangunannya sudah hampir rampung dikerjakan.

“Dalam pengerjaannya kami menggandeng kelompok masyarakat, dalam hal ini Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang ada disetiap kelurahan,” ujarnya.

Sari menambahkan, data penerima program jambanisasi merupakan usulan para RT dan RW, dan dilanjutkan ke tingkat Kelurahan hingga Kecamatan.

“Usulan tersebut kemudian didata dan diverifikasi langsung ke lapangan. Untuk memastikan warga mana saja yang memang benar-benar layak untuk menerima program jambanisasi,” terangnya.

Dijelaskan Sari, dalam program jambanisasi tahun 2021 berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini anggaran jambanisasi per unit sebesar 5 juta rupiah sesuai Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Anggaran program jambanisasi tahun ini ada peningkatan, yang sebelumnya sebesar Tiga Juta Rupiah sekarang menjadi Lima Juta Rupiah,” terangnya.

Lanjut Sari, dengan program jambanisasi ini dirinya berharap agar masyarakat tidak ada lagi yang melakukan Buang Air Besar Semabarangan (BABS), dan masyarakat dapat berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published.