PMI Kecamatan Pinang Menghimbau Masyarakat Agar Tidak Takut Donor Darah saat Pandemi Covid 19

Para peserta donor darah di aula kantor Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Kamis (15/7/2021).

FORWAT, KOTA TANGERANGPalang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Pinang, Kota Tangerang menggelar donor darah di aula kantor Kecamatan Pinang, Kamis (15/7/2021). Ketua PMI Kecamatan Pinang, Mumu Rohimu, mengajak masyarakat untuk tidak ragu mendonorkan darahnya di masa pandemi Covid-19.

“Kami menerapkan protokol kesehatan serta mencoba mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa jangan takut donor, meski sedang pandemi. Karena proses donor darah akan tetap aman, sesuai dengan standar Palang Merah Indonesia,” kata Mumu Rohimu disela-sela kegiatan donor darah.

Ia menambahkan, bahwa saat ini terjadi ketimpangan antara kebutuhan darah dan jumlah pendonor yang membuat stok darah di PMI Kota Tangerang menurun terutama sejak pandemi.

“Donor darah sebagai upaya membantu PMI Kota Tangerang dalam memenuhi kebutuhan darah yang semakin hari semakin meningkat, dengan pendonor yang semakin berkurang,” jelasnya.

Sebelum menjadi calon pendonor, para peserta harus melalui tahapan seleksi oleh petugas PMI guna mengetahui perkembangan kesehatan mereka sehingga proses donor dapat berlangsung dengan aman dan sehat.

Selain donor darah, juga ada sosialisasi donor plasma konvalesen. Pengambilan sampel darah penyintas Covid-19 menjadi salah satu target terpenting dalam donor darah reguler ini.

Donor plasma konvalesen adalah terapi yang dilakukan dengan memberikan plasma atau bagian darah mengandung antibodi dari orang yang telah sembuh kepada pasien yang sakit.

“Meningkatnya kasus Covid-19 membuat tenaga kesehatan mencari-cari pengobatan yang tepat untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus ini dan Plasma Konvalesen menjadi pilihan,” katanya.

Ia menyebutkan, plasma konvalesen dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh pada orang-orang yang positif virus corona.

“Masalahnya informasi ini belum masif diketahui masyarakat terutama bagi mereka penyintas Covid-19 dan kami bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk termasuk organisasi kepemudaan,” pungkasnya.(ngga)

Leave a Reply

Your email address will not be published.