Warga Kunciran Jaya Mengolah Bunga Telang Jadi Minuman Herbal

Sirup Bunga Telang (Si Bulang) produk UMKM warga Kelurahan Kunciran Jaya.

FORWAT, KOTA TANGERANG – Bunga telang atau kembang teleng, adalah nama tanaman yang memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea, yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis.

Bunga dengan bentuk menarik seperti kupu-kupu, masyarakat umum biasa memanfaatkannya sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Dari tradisi dan kearifan lokal masyarakat banyak menggunakan tanaman ini untuk alternatif pengobatan. Selain itu, khasiat dari kembang ini dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah, bahkan sebagian masyarakat menggunakannya pada bayi saat mengalami sakit mata.

Secara ilmiah, menurut penelitian LIPI terbukti ekstrak bunga telang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab sakit mata (konjungtivitis), yaitu Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, dan Bacillus substilis.

“Berdasarkan studi literatur, disebutkan Kembang telang ini mengandung senyawa kimia seperti triterpenoid, glikosida flavonol, antosianin dan steroid.” Ungkap Ria Cahyaningsih, Peneliti Tumbuhan Obat Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI, mengutip laman Pusat Konservasi Kebun Raya, LIPI.

Di Kota Tangerang, kembang cantik ini diolah menjadi ragam produk minuman sehat, diproduksi oleh warga Kelurahan Kunciran Jaya Kecamatan Pinang.

Dinamakan Si Bulang, Minuman ekstrak herbal bunga telang, dikemas apik ditangan UMKM binaan Karang Taruna setempat. Diolah menjadi bubuk teh herbal bunga telang, minuman siap saji, hingga menjadi sirup.

Panen Bunga Telang di kebun yang berada dekat dengan Rest Area jalan tol Jakarta-Merak.

Wanda, selaku ketua Karang Taruna mengatakan proses produksi tersebut dilakukan oleh pemuda setempat dan bahan bakunya pun didapatkan langsung dari kebun milik Warga.

“Workshopnya disini, Kunciran Jaya RT 04/02 Kecamatan Pinang Kota Tangerang, prosesnya dilakukan langsung sama warga, yang bikin Robby Wijaya Syam memberdayakan warga setempat, dari tanaman hias kini diolah bernilai ekonomi, sekarang sedang dikembangkan karena banyak permintaan adalah Sirup,” Kata Wanda, Jum’at (23/04/21).

Menurutnya, dari minuman ekstrak Bunga Telang yang mereka buat banyak khasiat bila dikonsumsi untuk kesehatan, diantaranya memperkuat imun tubuh, melancarkan sistem metabolisme, meringankan stress dan depresi, anti inflamasi, meningkatkan daya ingat, menyehatkan jantung, berpotensi mengatasi gejala diabetes, membantu mengatasi batuk atau asma, dan membuang racun dalam sistem pencernaan.

“Dari banyak khasiatnya, Kami saat ini berencana meningkatkan pemasaran yang akan dilakukan yaitu ke daerah Provinsi Banten dan sekitarnya, sebelumnya penjualan sudah sampai luar daerah hingga ke Lampung, namun masih perorangan,” jelas Wanda.

Dengan mempersiapkan kemasan apik, kini Wanda bersama UMKM Si Bulang sedang mempersiapkan toko online dengan harapan dapat terus meningkatkan daya jual produk mereka.

“Kita sedang persiapkan online shopnya bersama tim Karang Taruna disini, biar makin laris,” pungkasnya.(angga)

Leave a Reply

Your email address will not be published.