Tiga Kelurahan di Kecamatan Jatiuwung Ikuti Lomba Ketahanan Pangan

Tim penilai lomba ketahanan pangan tingkat Kota Tangerang mengunjungi kebun KWT Gotomg Royong yang berlokasi di wilayah RW 03, Kelurahan Manis Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Jumat (18/12/2020). Foto:angga.

FORWAT, KOTA TANGERANG – Tiga kelurahan di Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, mengikuti penilaian lomba ketahanan pangan tingkat Kota, setelah dinilai berhasil memanfaatkan lahan kosong untuk bertani tanaman produktif dalam memenuhi kebutuhan warga di masa pandemi.

Camat Jatiuwung, Martioso Agianto saat dikonfirmasi, Jumat (18/12/2020) mengatakan bahwa ketiga kelurahan yang mengikuti lomba ketahanan pangan meliputi Kelurahan Gandasari, Kelurahan Alam Jaya, dan Kelurahan Manis Jaya.

Ketiga kelurahan tersebut sebelumnya telah mengikuti lomba ketahanan pangan tingkat kecamatan dan berhasil meraih juara sehingga lanjut ke tingkat kota.“Warga di tiga kelurahan memanfaatkan lingkungannya untuk program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah untuk menanam tanaman produktif,” ujar Agianto.

Adapun proses menanam tanaman produktif dilakukan warga secara gotong-royong dimulai dari pembibitan hingga mengelola hasil panen untuk dibagikan ke warga.

“Upaya warga menjaga ketahanan pangan merupakan tindaklanjut dari sosialisasi dan pelatihan yang telah diikuti, terakhir warga juga mengikuti pelatihan BLK tingkat Kelurahan seperti budidaya ikan, budidaya tanaman juga pelatihan lainnya” jelas Agianto.

Adapun inovasi yang dilakukan oleh warga dalam menjaga ketahanan pangan telah memenuhi indikator penilaian seperti keberadaan rumah bibit, pemanfaatan pekarangan dan lahan tidur untuk budidaya tanaman dan ikan, serta pemanfaatan hasil panen sayur dan ternak menjadi olahan makanan.“Sebelum pandemi pemkot Tangerang memiliki berbagai program ketahanan pangan seperti KWT, urban farming, pembibitan dan budidaya ternak, jadi sebagian besar warga sudah tidak kaget saat menjalani ketahanan pangan di masa pandemi ini,” katanya.

Menurut Agianto, dengan adanya lomba ketahanan pangan bertujuan memberikan apresiasi kepada warga yang telah bergotong royong serta mengembangkan inovasi dalam menjaga ketahanan pangan di lingkungan masing-masing.

Untuk diketahui, Tim Penilai lomba ketahanan pangan terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, FKTS dan PKK Kota Tangerang.(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published.