Dinkes Provinsi Banten Lakukan Tes Swab di Kelurahan Cikokol

Salah satu warga Kelurahan Cikokol yang mengikuti Tes Swab di aula kantor Kelurahan Cikokol, Senin (207/2020). Foto:angga.

FORWAT, KOTA TANGERANG – Dinas Kesehatan Provinsi Banten melakukan Tes Swab di halaman kantor Kelurahan Cikokol, Senin (20/7/2020). Sebanyak 65 orang dilakukan pengambilan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan.

Dalam kegiatan itu, Dinkes Provinsi Banten bekerjasama dengan Korem 052/Wijayakrama, Kodim 0506/TGR, Kecamatan dan Kecamatan Tangerang.

Koordinator kegiatan, Dr. Lili saat ditemui di lokasi mengatakan bahwa tes PCR (Polymerase Chaon Reaction) , atau biasa disebut dengan tes swab merupakan cara untuk mendeteksi infeksi virus corona.

“Kegiatan ini rutin kita lakukan sebelumnya, tes swab kita lakukan di SMKN 2 Kota Tangerang,” ujarnya.

Sebelum pengambilan sampel lendir, warga terlebih dulu melakukan pendaftaran menggunakan KTP. Foto:angga.

Lili menambahkan, tes swab yang digelar tidak dipungut biaya. Warga cukup membawa KTP sebagai identitas diri. Sementara itu, untuk hasil tes swab dirinya tidak dapat menentukan.

“Hasil tes swab itu kita tidak bisa tentukan kapan akan keluar, pasalnya tugas kita hanya melakukan oengambilan sampel lendir dan langaung kami kirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda.red),” terangnya.

Ditempat yang sama, Camat Tangerang Ahmad Zuldin mengatakan, dengan adanya tes swab merupakan suatu kesempatan bagi warga khususnya Cikokol untuk mendeteksi paparan covid 19, mengingat ketersediaan perlengkapan yang terbatas.

“Kita berdoa semoga setelah mengikuti tes swab ini hasilnya negatif. Tapi, apabila terpapar saya harap masyarakat dapat mengikuti protokol kesehatan seperti melakukan isolasi atau mengikuti pemeriksaan secara berkala,” ujarnya.(angga)

Leave a Reply

Your email address will not be published.