Kecamatan Pinang Bentuk Kampung Sigacor

Lurah Cipete, Solihin memberikan sambutan saat oembentukan Kampung Siaga Corona (Sigacor) di aula Kelurahan Cipete, Kamis (26/3/2020). foto:net.

FORWAT, KOTA TANGERANG – Dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona desaise 2019 (covid 19), tiga kelurahan yang berada di Kecamatan Pinang telah membentuk Kampung Siaga Corona (Sigacor). Adapun tiga kelurahan tersebut yaitu Kelurahan Cipete, Kelurahan Panunggangan Utara, dan Kelurahan Neroktog).

Camat Pinang, Kaonang saat dihubungi melalui seluler miliknya, Kamis (26/3/2020) mengatakan bahwa pembentukan Kampung Sigacor merupakan arahan Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah kepada para camat dan lurah untuk mencegah dan menanggulangi wabah virus corona. Saat ini di Kecamatan Pinang telah terbentuk tiga Kampung Sigacor, dan akan disusul kelurahan lain.

“Para lurah harus dapat memastikan tiap rumah di wilayah kerjanya mempunyai disinfektan, hand sanitizer. Gugus tugas perlu dibentuk sampai ke tingkat RW agar setiap program penanganan virus Corona berjalan sinergis dan sinkronisasi serta kompak,” ujarnya.

Camat menambahkan, banyak masyarakat yang masih panik apabila ada tetangganya yang OPD atau PDP. Kita harus lindungi masyarakat yang suspect. Mereka akan dapat sembuh manakala mengisolasi diri. Di rumah sakit pun, sambung Kaonang tenaga medisnya sangat terbatas, diutamakan yang sudah parah untuk di rumah sakit.

“Sekarang Pemkot Tangerang mempunyai management contact. Kota Tangerang sendiri masuk zona merah. Masyarakat diharap jangan panik dan jangan gegabah. Ini harus jadi perhatian semuanya. Kita semua bisa waspada terhadap kondisi sekarang ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Camat mengatakan bahwa dirinya mengajak masyarakat untuk sama-sama bermunajat kepada Allah semoga wabah Corona ini segera diangkat oleh Allah SWT. Semoga lelah kita diberi pahala oleh Allah SWT,” jelas Camat Pinang, Kaonang.

Sementara itu Lurah Cipete, Solihin mengatakan menindaklanjuti instruksi Walikota Tangerang melalui Camat Pinang tentang pembentukan Kampung Siaga Covid-19, pihaknya telah bergerak membentuk kampung yang dimaksud di tiap lingkungan RW.

“Kampung Siaga Covid 19 mempunyai tugas pokok, pertama memberikan sosialisasi tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kedua mengedukasi warga tentang Covid 19. Ketiga mengerakkan partisipasi warga untuk siaga Covid 19. Keempat, membuat sistem keamanan warga. Kelima, membuat sistem informasi kesehatan warga. Keenam pengecekan kesehatan warga. Ketujuh, mengambil tindakan cepat tepat dan tuntas jika ada warga yang terduga (suspect) Covid 19,” terangnya.

Lanjut Solihin, dalam melaksanakan tugasnya pengurus Kampung Sigacor Kelurahan Cipete bertanggung jawab dan melaporkan hasil kegiatan kepada Lurah Cipete.(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published.