PMI Kecamatan Pinang Racik Cairan Disinfektan

Ketua PMI Kecamatan Pinang, Mumu Rohimu (kanan) saat meracik cairan disinfektan bersama jajarannya, Selasa (17/3/2020).

FORWAT, KOTA TANGERANG – Mengantisipasi penyebaran virus corona desaise (covid 19) Palang Merah Indonesia (PMI) terus melakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan cairan antiseptik itu dilakukan ke seluruh fasilitas umum yang ada di Kecamatan Pinang.

Ketua PMI Kecamatan Pinang, Mumu Rohimu saat dihubungi melalui seluler miliknya, Selasa (17/3/2020) malam mengatakan bahwa dalam antisipasi tersebut membutuhkan penyemprotan disinfektan yang cukup banyak, sepeti di posyandu, sekolah, tempat ibadah dan pondok pesantren.

“Untuk mencukupi kebutuhan tersebut  PMI Kecamatan Pinang melakukan terobosan dengan membuat cairan disinfektan mandiri. Ini dilakukan PMI Pinang karena kini kebutuhan cairan antiseptik tersebut sangat tinggi. Sementara pasokan dari PMI Kota Tangerang terbatas,” ujarnya.

Mumu menambahkan, selain fasilitas umum warga juga meminta agar PMI melakukan penyemprotan disinfektan itu di sekitaran lingkungan.

“Penyediaan cairan disinfektan terbatas. Akhirnya kami melakukan pembuatan cairan disinfektan mandiri. Yakni berbahan baku dari cairan pemutih pakaian dicampur dengan air. Takarannya yaitu 1 : 10. Satu liter cairan pemutih pakaian ditambah 10 liter air. Jadi dah disinfektan,” jelasnya.

Diungkapkan Mumu, untuk membeli bahan utama cairan disinfektan yang dibutuhkan itu dibantu Camat Pinang, Kaonang bersama para relawan PMI melakukan swadaya disinfektan mandiri. Saat ini sambung Mumu, cairan disinfektan masih sangat diperlukan oleh PMI Pinang.

“Jika ada masyarakat maupun lembaga yang berkenan atau peduli membantu kami dalam pemenuhan permintaan warga untuk penyemprotan disinfektan ini, itu sangat berguna untuk mencegah menjalarnya wabah corona di lingkungan Kecamatan Pinang. Kami sangat hargai kepada para pihak yang mau peduli membantu kami,” katanya.

Lanjut Mumu, atas permintaan masyarakat pihaknya telah melakukan penyemprotan di Pondok Pesantren An Nuqthah di Kelurahan Cipete. Di kawasan pendidikan itu kata Mumu, relawan PMI Kecamatan Pinang melakukan penyemprotan dibantu santri setempat.

“Pada kesèmpatan tersebut, Camat Pinang menyempatkan untuk meninjau pelaksanaan penyemprotan disinfektan di Pondok Pesantren An Nuqthah asuhan KH Juhri Fauzi,” tutupnya.(angga)

Leave a Reply

Your email address will not be published.