Kelurahan Belendung Manfaatkan Bentor Untuk Armada Penyiram Tanaman

Iwan, Lurah Belendung menyirami tanaman yang berada di depan kantor Kelurahan Belendung, Jumat (20/12/2019). foto:angga.

FORWAT, KOTA TANGERANG – Kreatif dan inovatif, Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda sulap Becak Motor (Bentor) sampah menjadi motor penyiram tanaman. Bermodalkan satu buah mesin pencuci sepeda motor dan empat buah drum, kendaraan beroda tiga ini mampu membasahi seluruh tanaman yang ada di setiap jalan protokol wilayah Kelurahan Belendung.

Iwan, Lurah Belendung saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/12/2019) mengatakan bahwa ide tersebut bermula ketika melihat satu unit bentor yang terparkir di halaman kantor Kelurahan Belendung. Terlihat tak pernah terpakai, dirinya menyayangkan hal itu.

“Sayang kalau bentor ini nggak pernah dipakai. Mulai dari situ saya berfikir bagaimana caranya bentor ini dapat bermanfaat,” ujarnya.

Iwan menambahkan, di wilayah Kelurahan Belendung terdapat penghijauan disetiap jalan protokol. Jadi, bentor tersebut di modifikasi untuk digunakan sebagai alat penyiraman.

“Saya pasang alat steam yang di letakkan di samping pengemudi. Lalu, untuk menyimpan air saya gunakan 4 drum bekas, masing-masing drum dapat menampung air sebanyak 25 liter,” imbuhnya.

Lanjut Iwan, dalam penyiraman di setiap jalan protokol dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. “Nanti petugas kebersihan Kelurahan yang menyiram,” katanya.

Dijelaskan Iwan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah mendistribusikan bentor sampah di setiap kelurahan. Bahkan, untuk menyiram tanaman juga telah disediakan mobil tangki air di setiap Kecamatan.

“Untuk bentor sampah di Kelurahan Belendung tetap ada dan masih sesuai peruntukannya, pasalnya bentor yang kita gunakan ini merupakan CSR dari Angkasa Pura. Sementara itu, bentor penyiram tanaman ini hanya untuk membantu armada tangki air yang tidak dapat menyiram tanamn di dalam perkampungan,” pungkasnya.(angga)

Leave a Reply

Your email address will not be published.