Kecamatan Tangerang Tanam 100 Bibit Pohon Kurma

Kasi Kemas Kecamatan Tangerang, Rahmani melakukan simbolis penanaman bibit kurma, didampingi Lurah Tanah Tinggi, Hadi Ismanto (kiri). Foto:angga.

FORWAT, KOTA TANGERANG – Aparatur Kecamatan Tangerang melakukan pembibitan pohon kurma di lima Kelurahan. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat dan perekonomian di wilayah.

Sekretaris Camat (Sekcam) Tangerang, Marwan saat ditemui di halaman kantor Kecamatan Tangerang, Senin (18/11/2019) mengatakan bahwa pembibitan dilakukan di lima kelurahan yaitu diantaranya Kelurahan Tanah Tinggi, Kelurahan Buaran Indah, Kelurahan Babakan, Kelurahan Kelapa Indah, dan Kelurahan Cikokol.

“Untuk mengelola tanaman ini kita melibatkan masyarakat. Jadi masyarakat merawat tanaman ini dengan swadaya,” ujarnya.

Marwan menambahkan, kedepan dalam penanaman bibit tidak hanya  pohon kurma, melainkan juga pohon jeruk, cabe, dan sayur mayur.

“Pada dasarnya program ini direalisasikan dari masyarakat untuk masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Tanah Tinggi, Hari Ismanto saat ditemui di lokasi penanaman bibit kurma mengatakan, bahwa dirinya telah mensosialisasikan program tersebut ke masyarakat.

“Kita sudah lakukan sosialisasi ke masyarakat. Alhamdulilah, program ini didukung penuh oleh masyarakat,” katanya.

Hadi menambahkan, dirinya telah meminta kepada 10 warga dalam merawat bibit – bibit kurma. Tentunya, 10 warga tersebut sudah dibekali ilmu dalam merawat tanaman tersebut.

“Untuk bagaimana cara merawat pohon kurma, pihak Kecamatan Tangerang mendatangkan mentor guna melakukan bimbingan teknis (bimtek),” terangnya.

Hadi berharap, agar tanaman kurma dapat berkembang dengan baik sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

“Semoga aja pohon kurma dapat tumbuh dengan baik, sehingga berbuah dan buahnya dapat dirasakan oleh warga tanah tinggi,” tutupnya.

Lurah Buaran Indah, Safilah didampingi Ketua RT 06, RW 01, Bahrudin melakukan pembuatan lubang untuk bibit kurma, Selasa (19/11/2019). Foto:angga.

Senada dengan Lurah Buaran Indah, Safilah saat ditemui di lokasi pembibitan mengatakan bahwa program pembibitan disambut baik oleh masyarakat. Dirinya berharap, program pembibitan dapat bermanfaat bagi masyarakat Buaran Indah.

“Ketika pohon kurma ini berbuah, masyarakat bisa merasakannya bersama-sama,” tutupnya. (angga)

Leave a Reply

Your email address will not be published.