Alasan Kadinkes : Ambulans Puskesmas Hanya untuk Kegawatdaruratan

Kepala Dinas kesehatan Kota Tangerang, Dr,Liza Puspadewi (kiri) foto:ist

FORWAT, KOTA TANGERANG -Dinas Kesehatan Kota Tangerang angkat bicara terkait polemik penggunaan ambulans sebagai armada untuk membawa jenazah korban tenggelam di sungai Cisadane.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Liza Puspadewi menyatakan Pemkot memohon maaf kepada keluarga korban atas kesalahpahaman yang terjadi hingga terjadi polemik.

“Mewakili Pemkot Tangerang, saya mohon maaf kepada keluarga korban yang tenggelam,” terang Kadinkes melalui sambungan telepon, Sabtu (24/8/2019).

Lebih lanjut Liza menjelaskan
pemerintah kota Tangerang sudah mempunyai pelayanan mobil jenazah gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat ( aplikasi 112 )
ambulans hanya dipergunakan bagi pasien dalam kondisi kegawatdaruratan yang memerlukan tindakan segera

“Ditambah di dalam mobil ambulans banyak alat medis yang harus dalam kondisi steril,” jelas Kadinkes.

“Kalau digunakan untuk jenazah, khawatir akan berdampak pada pasien yang nantinya menggunakan ambulans tersebut,” tambahnya.

Kadinkes juga menghimbau agar masyarakat dapat memilah fasilitas yang telah dimiliki oleh pemkot sesuai dengan kebutuhannya.

“Selain ambulans, Pemkot juga telah menyediakan fasilitas mobil jenazah melalui panggilan darurat 112,” tukasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya diberitakan ambulans milik Pemkot Tangerang enggan mengantar jenazah korban tenggelam di sungai sungai ke rumah duka keluarga.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.