Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, Kecamatan Pinang Gelar IVA Tes

Bidan dan Kader Posyandu diberikan penghargaan oleh Ketua PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah dan Camat Pinang, M. Agun Djumhendi Junus.foto:putra

Bidan dan Kader Posyandu diberikan penghargaan oleh Ketua PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah dan Camat Pinang, M. Agun Djumhendi Junus.foto:putra

FORWAT, Kota Tangerang – Dalam rangka menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2018 mendatang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang melalui kader PKK menggelar Gebyar Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) tes, guna menditeksi dini kanker leher rahim, Rabu (19/12/2018) bertempat┬ádi Aula Kantor Kecamatan Pinang. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 1282 ibu rumah tangga dari berbagai Kelurahan se-Kecamatan Pinang.

Ketua Kader PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah, mengatakan, Pemerintah Pusat sejak tahun depan telah memberikan mandat kepada Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk selalu menyelengarakan IVA tes.

“IVA tes ini tentunya sangat penting, sebab dengan adanya tes tersebut kita bisa menditeksi kanker serviks lebih awal dan nantinya bisa ditangani dengan penanganan lebih lanjut dengan cara IVA tes,” terang Ani disela-sela kegiatan.

Ani menambahkan, meski dikatakan positif namun belum kanker, akan tetapi hanya pra kanker yang masih bisa ditangani dengan cara terapi dan pengobatan secara berkala.

“Pra kanker masih bisa diobati, sebab kanker itu dirasakan setelah 15 tahun kedepan. Maka kalau pra melalui kemoterapi masih bisa disembuhkan,” jelasnya.

Ani juga menghimbau kepada masyarakat Kota Tangerang, agar senantiasa menjaga kesehatan. Sebab wanita adalah motor penting dalam rumah tangga.

“Jadi kitalah yang lebih peduli dengan kesehatan sendiri, dengan cara menjaga dan memeriksakan kesehatan kita lebih awal,” tegasnya.

Sementara Camat Pinang, M Agun Djumhendi Junus mengatakan, Gebyar IVA tes tersebut melibatkan berbagai unsur, mulai dari Muspika, para kader dan tiga Puskesmas se-Kecamatan Pinang.

“Ini merupakan program nasional dan guna menyambut hari ibu, maka kita menggelar Gebyar IVA tes,” terang Agun.

Agun menambahkan, targetnya sebanyak 500 peserta, namun pada kenyataannya yang memgikutinya lebih dari 1000 peserta.

“Pada pukul 09.00 WIB tadi tercatat ada 1282 yang mendaftar, kenapa hari ini terlihat banyak? Karena kita membuat tiga gelombang. Jadi warga yang ada ditiap Kelurahan se-Kecamatan Pinang diatur jamnya, agar tidak terjadi penumpukan,” jelas Agun.

Lebih dalam ia mengatakan, Gebyar IVA tes tersebut untuk menghapuskan setigma masyarakat yang merasa takut untuk memeriksakan diri terhadap kesehatannya sendiri.

“Khususnya wanita, selain rasa takut. Rasa malas menjadi penyebab utamanya, maka dengan adanya diadakanya Gebyar IVA tes ini masyarakat Kecamatan Pinang bisa sadar untuk menjaga kesehatannya sendiri,” tandas Agun. (aputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.