Tanggulangi Banjir dan Kemacetan, Dinas PUPR Kota Tangerang Bangun 6 Jembatan

Dinas PUPR Kota Tangerang bangun Jembatan Imam Bonjol

Dinas PUPR Kota Tangerang bangun Jembatan Imam Bonjol

FORWAT, Kota Tangerang – Pemkot Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sepanjang tahun 2018 telah membangun sebanyak enam jembatan.

Pembangunan jembatan ini sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi banjir dan mengurai kemacetan yang kerap terjadi dibeberapa titik wilayah di Kota Tangerang.

Iwan Nursyamsu, Kasi Pembangunan dan Rehab Jembatan Dinas PUPR Kota Tangerang mengatakan, jembatan adalah sebuah fasilitas pendukung, seperti pengulangan banjir dan mengurai kemacetan.

“Kita mesupport dan menjadi fasilitas pendukung, seperti penanganan bajir, jembatannya lebih rendah dari pada drainasenya. Maka ketika air tinggi menjadi tersedat, itu tugas kita meninggikan jembatannya. Kalau untuk lalu lintas bisanya U-Turn, itu juga kalau dibutuhkan,” paparnya, Kamis (13/12/2018).

Adapun enam jembatan itu, jelas Iwan, ada jembatan garuda di Benda, jembatan Caplang di Jatiuwung, jembatan Karet di Cibodas, jembatan Imam Bonjol, jembatan Galeong di Karawaci dan jembatan Pasar Rubuh di Cipondoh.

IMG-20181216-WA0029

“Itu semua kita yang mengerjakan, akan tetapi semua perencanaannya berada dibidang Pertek, sedangkan untuk perawatannya berada dibidang UP dan rencana ditahun depan ada satu pembangunannya di Priuk, yaitu jembatan Amanda. Itu juga masih dalam pembahasan Selebihnya usulan-usulan dari msayarakat,” ungkapnya.

Lebih dalam ia mengatakan, untuk pembangunan enam jembatan tersebut menghabiskan anggaran lebih kurang sebesar Rp15 miliar dan PUPR Kota Tangerang juga hanya membangun jembatan di jalan yang menjadi kewenangan kota saja.

“Lebih kurang jumlah anggarannya sebesar itu, karena kita hanya membangun di jalan yang menjadi kewenangan kota bukan punya Provinsi,” tegasnya.

Iwan juga berharap, dengan telah dibangunnya fasilitas enam jembatan tersebut, masyarakat bisa menjaga dan merawatnya untuk kepentingan bersama.

“Pemerintahkan tidak bisa bekerja sendiri, maka peran serta masyarakat harus bisa lebih aktif untuk merawat dan menjaga fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah,” tandasnya.(Adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.