PUPR Kota Tangerang Akan Normalisasi Sungai Cisadane Sepanjang 5 KM

IMG_20180921_074030
FORWAT, Kota Tangerang – Saat ini Pemerintah Kota Tangerang terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) diantaranya melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane terutama dalam hal penanganan banjir, revitalisasi situ dan danau serta normalisasi Sungai.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Nana Trisyana mengatakan bahwa Pemkot Tangerang telah menyiapkan lahan untuk
normalisasi Sungai Cisadane, sedangkan untuk konstruksi fisiknya di laksanakan oleh BBWS Ciliwung Cisadane. Rencananya ada empat (4) titik lokasi utama dengan panjang total kurang lebih lima (5) kilo meter.

Lokasi tersebut diantaranya, Kelurahan Koang Jaya, Kelurahan Sukajadi, Kelurahan Karawaci Kelurahan Mekarsari Kecamatan Neglasari, Kelurahan Panunggangan Barat dan Kecamatan Cibodas.

IMG_20180921_074100

Dijelaskan Nana, bahwa
fungsi normalisasi sungai ini diantaranya adalah menanggulangi banjir, mencegah longsor dan menjaga morfologi sungai.

Selain itu sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Tangerang Nomor 6 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Tangerang tahun 2012- 2023.

Sepanjang Sungai Cisadane juga merupakan kawasan promenade yang dikembangkan sebagai bentuk penataan sempadan sungai, yaitu berupa kawasan ruang terbuka hijau dan jalan.

“Sehingga diharapkan setelah kegiatan normalisasi ini selesai kegiatan promanade akan dilanjutkan,” katanya, Kamis (6/9/2018).

Lanjut Nana, ada beberapa wilayah yang merupakan daerah rawan banjir yaitu diantaranya, Kelurahan Panunggangan Barat.

IMG_20180921_074045

Untuk itu Nana berharap, komunikasi dengan BBWS seperti yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu bersama Walikota Tangerang, dapat terus dilanjutkan.

“Selain itu kita juga mohon agar Sungai Cisadane bisa dikeruk sehingga harapannya kapasitas hidrolis sungai dapat meningkat, sehingga dapat mendukung ketahanan air baku untuk peningkatan penyediaan dan pelayanan air minum khususnya di wilayah Kota Tangerang,” pungkasnya. (Adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.