HMI Minta Pemerintah Stabilkan Nilai Tukar Rupiah

IMG-20180906-WA0051

FORWAT, Kota Tangerang – Puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Tangerang menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Tugu Adipura, Kota Tangerang, Kamis (6/9/2018).

Dalam aksinya mahasiswa menuntut agar pemerintah menstabilkan nilai tukar rupiah dan menurunkan harga pokok.

Hal tersebut imbas dari melemahnya nilai tukar Rupiah atas Dollar Amerika Serikat (AS) hingga mencapai Rp.15.014 per Dollar AS.
Menurut Ketua Umum HMI cabang Tangerang, Abdul Kadir merosotnya nilai tukar Rupiah ini diakibatkan oleh beberapa faktor, pertama faktor internal yaitu, produk domestik bruto (PDB) negara Indonesia yang semakin menurut, ekspor Indonesia yang rendah, tingginya impor dan gejolak politik yang terjadi di Indonesia.

Kedua faktor ekternal yaitu, adanya krisis di negara AS sehingga pemerintah AS menaikan suku bunga Dollar dan pertarungan pasar ekonomi antara China dan AS.

“Dengan semakin melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS, maka kebutuhan pokok akan semakin meningkat dan akhirnya mengakibatkan krisis moneter”, terangnya.

Selain meminta pemerintah menstabilkan nilai tukar Rupiah dan menurunkan harga pokok, peserta aksi juga meminta agar pemerintah meningkatkan PDB Indonesia dengan memanfaatkan produk dalam negeri dan memerdekakan Indonesia dari ketergantungan terhadap negara asing.

Aksi turun kejalan itu sempat mendapat pengawalan dari aparat Kepolisian Polsek Tangerang dan petugas Satpol PP Kota Tangerang. (riss/lla)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.