1659 Calon Jamaah Haji Diberi Vaksin Oleh Dinkes Kota Tangerang

IMG_20180710_071651

FORWAT,Kota Tangerang – Untuk memberikan perlindungan terhadap ancaman virus, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melakukan vaksinisasi kepada 1659 Jamaah Calon Haji (JCH) di Gedung MUI Kota Tangerang, Rabu (4/7/2018).
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Tangerang, dr. Indri Bevy yang juga koordinator tim penyelenggara vaksinasi haji saat ditemui disela – sela kegiatan mengatakan, bahwa pemberian vaksinasi meningitis dilakukan sejak 2 hingga 5 Juli 2018.

“Ini sudah hari ketiga vaksinasi meningitis yang dilakukan oleh Dinkes, dimana perharinya kita bagi per KBHI,” ujar Bevy.

IMG_20180710_071636
Menurutnya, vaksinisasi tersebut perlu dilakukan untuk mendeteksi jamaah agar jamaah kebal terhadap  penyakit radang selaput otak, selain dilakukan vaksinisasi meningitis, hari ini vaksinisasi influenza juga dilakukan kepada jamaah haji.
“Vaksinisasi meningitis ini gratis sedangkan untuk vaksinisasi influenza di sarankan untuk para jamaah haji yang memiliki penyakit kronis atau beresiko tinggi,” katanya.
Dijelaskan Bevy, tahap pertama pemeriksaan kesehatan para calon jamaah haji ini sudah dilakukan di beberapa Puskesmas, sesuai dengan domisili para calon jamaah haji dimana tahap pertama pemeriksaan untuk menentukan resiko tinggi atau tidak.
Tahap kedua, menentukan apakah calon jamaah haji itu memenuhi syarat istitha’ah yang memenuhi syarat kesehatan berangkat atau tidak.
Ketiga pemeriksaan kepada calon jamaah haji sedang hamil atau tidak, keempat pemeriksaan kesehatan apakah tidak memenuhi syarat istitha’ah.

IMG_20180710_071620
“Biasanya untuk yang sedang hamil keberangkatan akan ditunda, yang tidak jadi diberangkatkan biasanya nanti ada himbauan dari Kemenag, untuk adanya pengganti atau tidak itu semua wewenang mereka, kita hanya terkait kesehatan saja,” jelasnya.
Sebelumnya kata Bevy, Dinkes maupun Puskesmas Kota Tangerang sudah melakukan penyuluhan dan tes kebugaran kepada para calon jamaah haji untuk mempersiapkan mereka saat ada di tanah suci Mekkah.
“Ya, kalau kesehatan dan kebugaran kita terjaga, maka ibadah para calon jamaah haji akan berjalan lancar dan khusu,” katanya.
Bevy berharap, dengan diberikannya vaksinisasi kepada para calon jamaah haji dapat beribadah dengan lancar.
“Semoga dengan upaya Dinkes Kota Tangerang dengan cara memberikan vaksin, para calon jamaah haji dapat menjalankan ibadah dengan keadaan sehat jasmani dan rohani,” harapnya.(adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.