2018, Dinas PUPR Kota Tangerang Alokasikan Rp.68 Milyar untuk Peningkatan Jalan Kota

IMG_20180528_133300

FORWAT, Kota Tangerang – Secara umum, Infrastruktur jalan merupakan sarana dan prasarana yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat.

Setiap aktivitas masyarakat tidak lepas dari jalan, misalnya untuk akses ke sekolah, akses menuju rumah sakit atau Puskesmas, dan akses ketempat yang dituju.

Bila pembangunan jalan yang ada semakin baik dan cepat maka semakin baik dan cepat pula kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur jalan perlu ditingkatkan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,. Pemerintah Kota Tangerang khususnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan.

IMG_20180528_133245

 

Sehingga kesejahteraan masyarakat dari manfaat infrastruktur jalan dapat diciptakan. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan atau peningkatan jalan yang telah dilakukan oleh DPUPR Kota Tangerang, pada tahun anggaran 2017, DPUPR Kota Tangerang telah melakukan peningkatan jalan kota di 73 ruas, baik untuk pembangunan jalan yang baru atau peningkatan jalan. Dengan 19 paket kegiatan untuk anggaran murni dan 54 paket kegiatan untuk Anggaran Biaya Tambahan (ABT).

Total anggaran pada tahun 2017 yang digunakan untuk pembangunan jalan di Kota Tangerang adalah sebesar Rp. 119 Milyar dan dengan jumlah panjang jalan sebesar 11 km.
Peningkatan jalan juga dilakukan di jalan lingkungan. Pada tahun anggaran 2017, DPUPR Kota Tangerang telah melakukan banyak peningkatan jalan lingkungan. Total panjang jalan lingkungan yang telah ditingkatkan pada tahun anggaran 2017 adalah sebesar 85 km dan dengan anggaran Rp. 56 milyar.

Di tahun 2018 ini, DPUPR Kota Tangerang secara berkesinambungan sudah merencanakan kegiatan pembangunan dan peningkatan jalan kota, yang tersebar di 13 Kecamatan di Kota Tangerang dengan total anggaran 2018 murni yang akan digunakan untuk pembangunan jalan kota adalah sebesar Rp. 68 milyar.

Jumlah tersebut belum termasuk peningkatan jalan lingkungan dan jembatan. Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang bermunculan tiap tahunnya khususnya di bidang konstruksi jalan juga terus diterapkan pada kegiatan-kegiatan yang ada di DPUPR Kota Tangerang. Penerapan teknologi material baru ini diharapkan selain mempermudah upaya Pemerintah Kota Tangerang dalam melayani masyarakat pengguna jalan, juga diharapkan dapat mengefisienkan anggaran dalam menjaga performa struktur jalan, diantaranya yaitu aspal membran.

Aspal membran merupakan produk asal Jerman yang berbentuk lembaran membran, fungsinya adalah untuk menahan retakan yang terjadi pada lapisan perkerasan mencapai ke permukaan jalan.

Pada tahun 2017 telah dilakukan uji coba untuk penggunaan material aspal membran di ruas Jalan Sangego Selatan. Hasil uji coba Aspal Membran menunjukan bahwa material ini dapat mencegah tiimbulnya retakan pada perkerasan beton muncul ke permukaan.

Nantinya material baru ini akan digunakan lebih lanjut untuk kegiatan-kegiatan pembangunan jalan di Kota Tangerang.
Dengan upaya terus menerus dan berkesinambungan, diharapkan DPUPR Kota Tangerang selalu bisa berkontribusi untuk kemajuan infrastruktur di Kota Tangerang, demi terciptanya infrastruktur khususnya jalan yang nyaman bagi masyarakat Kota Tangerang. (Adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.