Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Dinas Perkim Kota Tangerang Targetkan Pemasangan Pipa Sepanjang 8.810 Meter

Kabid Air Bersih Air Limbah Dinas Perkim Kota Tangerang, Purnawan Herry

Kabid Air Minum Air Limbah Dinas Perkim Kota Tangerang, Purnawan Hery

FORWAT, Kota Tangerang – Memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) kembali melanjutkan program pembangunan jaringan perpipaan air bersih di sejumlah wilayah di Kota Tangerang. Di tahun 2018, jaringan pipa air bersih akan di pasang sepanjang 8.810 meter.

Kabid Air Minum Air Limbah Perkim Kota Tangerang, Purnawan Hery saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (2/5/2018) mengatakan bahwa layanan air bersih untuk masyarakat Kota Tangerang ini terus dikembangkan di setiap tahunnya. Air bersih, diperuntukan bagi sebagian masyarakat yang rumahnya belum tersalurkan air bersih, khususnya masyarakat berekonomi rendah.

IMG_20180503_195327
Dijelaskan Purnawan, di tahun 2018 terdapat 9 paket pembangunan. Dari 9 paket tersebut, pipa yang akan dibangun sepanjang 8.810 meter. Kata dia, untuk pipa dengan diameter 150 sepanjang 2010 meter, pipa diameter 75 sepanjang 1500 meter, pipa diameter 50 sepanjang 4750 meter, sambungan rumah 550 meter.
“Adapun jenis kegiatannya yaitu pembangunan jaringan perpipaan distribusi di Kelurahan Koang Jaya, pembangunan jaringan perpipaan retikulasi dan sambungan rumah di Kelurahan Koang Jaya, Peninggilan, Kreo, Pasar Baru dan Kelurahan Periuk Jaya,” jelasnya.
“Penyempurnaan jaringan perpipaan dan retikulasi terdapat di Kelurahan Cipete, pembangunan jaringan perpipaan distribusi dan retikulasi mulai global mansion ke city mall, pembangunan jaringan perpipaan distribusi dan retikulasi sekitar danau situ cipondoh,” paparnya lagi.

IMG_20180503_195256
Dalam program ini kata Purnawan, Dinas Perkim Kota Tangerang hanya melakukan pembuatan jaringan distribusi, retikulasi, dan sambungan rumah. Tidak untuk menyalurkan air bersih.
“Setelah pembangunan pipa selesai, maka akan diserahkan ke DPKD sebagai aset. Setelah itu, baru diserahkan ke PDAM untuk melakukan pendistribusian air,” terangnya.
Sebelumnya di tahun 2017 terang Purnawan, Dinas Perkim Kota Tangerang telah melaksanakan pembangunan yang sama dan menghasilkan sedikitnya 6.300 SR, yang tersebar di antaranya di wilayah Kecamatan Neglasari, Kecamatan Cipondoh dan beberapa wilayah kecamatan lainnya.(adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.