Melalui Penyuluhan BPBD Ajak Masyarakat Terampil dalam Menghadapi dan Menangani Bencana

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Irman Pujahendra memberikan arahan saat acara penyuluhan

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Irman Pujahendra (tengah) memberikan arahan saat acara penyuluhan pencegahan bencana.

FORWAT, Kota Tangerang – Untuk mengurangi terjadinya bencana dan bahaya kebakaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang gencar memberikan penyuluhan kepada masyarakat.
Kepala Pelaksana (Kalak) BPDB Kota Tangerang, Irman Pujahendra saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (20/4/2018) mengatakan penyuluhan yang dilakukan oleh BPBD Kota Tangerang dilakukan di seluruh Kelurahan yang ada di wilayah Kota Tangerang. Saat ini, program tersebut telah berjalan di 56 Kelurahan.
“Dari 104 kelurahan yang ada, kita telah melaksanakan penyuluhan di 56 kelurahan. Program ini akan kita terus kita jalankan sesuai dengan target kita,” ujarnya.

Petugas BPBD Kota Tangerang memberi contoh memadamkan api melalui alat pemadam konvensional.

Petugas BPBD Kota Tangerang memberi contoh cara memadamkan api melalui alat pemadam konvensional.

Irman menambahkan, penyuluhan yang dilakukan oleh BPBD Kota Tangerang sesuai dengan visinya yaitu

“Terwujudnya BPBD Yang Profesional Untuk Masyarakat Kota Tangerang Yang Tangguh Dalam Mengahadapi Bencana”.
Menurut Irman, upaya penanganan bahaya kebakaran dan bahaya lainnya diperlukan suatu komitmen yang kuat dan terintegrasi antara Pemerintah dan masyarakat. Dengan begitu kata Irman, adanya penyuluhan yang diberikan dapat mengurangi angka bahaya dan bencana kebakaran.
“Menyelenggarakan kegiatan penyuluhan pencegahan bencana kepada warga Kota Tangerang ini dalam rangka meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan pengetahuan masyarakat.Sehingga masyarakat dapat mengenal secara dini tentang terjadinya bencana dan kebakaran,” terangnya.

Salah seorang warga mempraktekan pengunaan alat pemadam api ringan (apar)

Salah seorang warga mempraktekan pengunaan alat pemadam api ringan (apar).

Dijelaskan Irman, dalam penyuluhan terdapat beberapa materi yang diberikan kepada masyarakat, yaitu diantaranya penggunaan alat pemadam konvensional, penggunaan alat pemadam api ringan, pengetahuan tentang pengurangan resiko bencana, dan pengetahuan tentang mitigasi bencana.(Adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.