Kecamatan Benda Gelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan Bagi Ketua RT dan RW

IMG-20180420-WA0050

FORWAT, Kota Tangerang – Kecamatan Benda menggelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan untuk Ketua RT dan RW se Kecamatan Benda, Kamis (19/4/2018) bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) Kecamatan Benda.

Camat Benda Teddy Roestendi Poernama mengatakan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat di wilayahnya.

Hal itu berdasarkan amanat Undang-Undang nomor 24 tahun 2013 tentang tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan (Adminduk)

“Adapun materi yang disosialisasikan yaitu mengenai tata cara dan persyaratan pengurusan dokumen bidang kependudukan dan catatan sipil,” katanya.

Teddy berharap dengan kegiatan sosialisasi itu, para ketua RT dan RW bisa lebih mengerti dalam melayani masyarakat, pasalnya tidak semua mengetahui tentang aturan dan kebijakan yang dapat mempermudah masyarakat.

“Ya, seperti masyarakat yang sedang di rumah sakit tidak mempunyai KTP. Untuk pelayan pihak kecamatan mendatanginya,” jelas Teddy.

Dalam pertemuan itu juga, menurut Teddy, para ketua RT dan RW bisa langsung menanyakan soal kendala pembuatan Adminduk.

“Kami mengundang Dinas Kependudukan dan catatan sipil untuk memberikan jawaban pertanyaan dari RT dan RW, seperti hambatan pembuatan e KTP, akta lahir dan kartu keluarga,” kata Camat.

IMG-20180420-WA0043

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kota Tangerang, H. Erlan Rusnarlan mengatakan, bahwa ada beberapa kendala pembuatan e-KTP begitu lama, hal itu terjadi karena adanya duplikat report. Oleh karena itu menurut Erlan, para ketua RT dan RW harus tahu bagaimana hal itu terjadi. Seperti halnya bagaimana warga pendatang yang baru pindah.

Erlan juga menghimbau kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman e KTP agar kiranya segera melakukan perekaman.

” Yang belum melakukan perekaman segera. Apalagi menjelang pilkada, membuat e KTP kan tidak di pungut biaya sepeserpun,” katanya.

Dalam mengurus adminstrasi kependudukan seperti e KTP akte dan kartu keluarga masyarakat cukup datang ke kantor kelurahan

“Nanti dari pihak kelurahan yang mengurus dinas. Apalagi sekarang sudah bisa melalui online,” pungkasnya.(adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.