Kecamatan Larangan Ikut Lomba LBS Tingkat Nasional

Ketua Pengerak PKK Kecamatan Larangan, Hj.Sukaesih (tengah) mendampingi tim penilai pengerak PKK Nasional saat berkunjung ke RW 05, Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Senin (2/4/2017). foto:wahyu

Ketua Pengerak PKK Kecamatan Larangan, Hj.Sukaesih (tengah) mendampingi tim penilai pengerak PKK Nasional saat berkunjung ke RW 05, Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Senin (2/4/2017). foto:wahyu

FORWAT, Kota Tangerang – Wilayah RW 05, Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan ditunjuk mewakili Kota Tangerang dan Provinsi Banten mengikuti lomba penilaian Lingkungan Bersih Sehat (LBS) tingkat Nasional.

Untuk mengikuti lomba LBS,
tim pengerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nasional, Senin (2/4/2018) melakukan penilaian dan berkunjung ke wilayah tersebut.

Sementara masyarakat sekitar terlihat antusias sekaligus bangga karena lingkungannya bisa mengikuti lomba LBS tingkat Nasional.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Larangan, Hj. Sukaesih mengatakan, untuk mengikuti lomba LBS itu, Tim Pengerak PKK Kecamatan Larangan hanya mempersiapkan waktu selama dua minggu, karena menurut Hj, Sukaesih, lingkungan di RW 05 itu sudah bersih dan terjaga.

“Kami hanya melakukan pengecatan. Kalau penghijauan dan kebersihan itu sudah dikerjakan setiap hari sabtu dan minggu.Ya dengan warga setempat,” jelasnya.

Dikatakan Hj. Sukaesih bahwa selain menjaga kebersihan untuk hidup sehat, masyarakat juga membuat keterampilan dari limbah sampah, seperti kemasan bungkus kopi yang didaur ulang menjadi tas, kertas koran yang didaur ulang menjadi pas bunga, juga keterampilan membuat makanan, jamu dan abon yang berbahan dasar ikan lele. Produk keterampilan itu jelas Hj.Sukaesih dihasilkan dan dikelola oleh masyarakat sekitar.

Warga RW 05 Kelurahan Kreo sedang menunjukan tas dari limbah kemasan bungkus kopi.foto:wahyu

Warga RW 05 Kelurahan Kreo sedang menunjukan tas dari limbah kemasan bungkus kopi.foto:wahyu

“Hasilnya bisa di jual, walaupun masih di ruang lingkup warga sekitar,” kata isteri Camat Larangan itu.

Hj. Sukaesih berharap dengan adanya lomba LBS tingkat Nasional itu bisa menjadi motivasi masyarakat agar tetap menjaga lingkungan yang bersih dan sehat sehingga dapat ditularkan ke setiap wilayah di Kota Tangerang, khususnya di wilayah Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan.

Lurah Kreo, Kecamatan Larangan, H.M. Hasan, s.Ip merasa bangga karena telah diberikan kesempatan dan ditunjuk mewakili Provinsi Banten sebagai peserta lomba LBS tingkat Nasional.

“Kegiatan ini tidak lepas dari peran masyarakat RW 05. Masyarakat sangat bangga apa yang sudah dilakukan dan mendapatkan bimbingan,” imbuhnya.

Ketua Bidang Empat (4) Tim Pengerak PKK Pusat, Ade Rahmat Gobel mengatakan bahwa lingkungan di RW 05, Kelurahan Kreo sudah sangat baik. Dia berharap agar lingkungan bersih dan sehat itu bisa dipertahankan.

“Diharapkan agar bisa dipertahankan dan harus maju terus walaupun nanti menang jangan sampai putus di jalan,” katanya saat berkunjung ke lokasi tersebut.

Tim penilai sedang berkunjung ke rumahnsehat yang berada di lingkungan RW 05 Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan.foto:wahyu

Tim penilai sedang berkunjung ke rumah sehat yang berada di lingkungan RW 05 Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan.foto:wahyu

Sementara Tim Penilai dari Kementerian Kesehatan RI, Wiwit, mengatakan ada beberapa indikator sebagai bahan penilaian lomba LBS, yaitu diantaranya, instalasi air bersih, jamban keluarga dan rumah sehat.

“Inikan menjadi contoh di Kota Tangerang harus bisa ditularkan di kelurahan-kelurahan lainnya,” ujarnya (adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.