Aliansi Kotak Kosong Siapkan Gugatan ke KPU RI

Aliansi Kotak Kosong Siap Melakukan Gugatan ke KPU RI

Aliansi Kotak Kosong Siap Melakukan Gugatan ke KPU RI

FORWAT, Kabupaten Tangerang – Masyarakat yang mengatasnamakan Persatuan Rakyat (Perak Raya) mempersiapkan surat gugatan kepada KPU RI. Hal tersebut dilakukan menyusul surat balasan yang dikeluarkan oleh KPUD Kabupaten Tangerang Nomor 129/HK.05-SD/3603/KPU-KAB/12/2018 tentang regulasi dana kampanye serta sosialiasi kotak kosong Pilkada Kabupaten Tangerang yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Perlu diketahui bahwa, pasca ditetapkan oleh KPUD Kabupaten Tangerang, Senin (12/2/2018), Pilkada di Kabupaten Tangerang hanya mengusung calon tunggal yaitu, pasangan Ahmed Zaki Iskandar dengan Mad Romri.

Dilain pihak sebagai perwakilan dari Aliansi Kotak Kosong, Rahmat Sanjaya menyayangkan belum adanya regulasi yang jelas soal kampanye dan sosialisasi kotak kosong. Untuk itu pihaknya sedang menyiapkan data serta persyaratan untuk pengajuan gugatan kepada KPU RI.
“Kotak kosong itu dilindungi konstitusi oleh karena nya harus diberikan persamaan hak,” ujarnya, Kamis (15/2/2018)

Memang secara garis besar, jelas Rahmat, keberadaan kotak kosong diakui secara hukum akan tetapi mekanisme kampanye serta sosialiasinya belum diatur secara rinci baik didalam Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 ataupun PKPU tahun 2017.

Untuk itu perlu diberikan kejelasan secara regulasi soal kampanye serta sosialiasi yang dikeluarkan oleh KPU RI ataupun DKPP, tujuannya adalah untuk mencegah kesalahpahaman di lapangan. Dikhawatirkan nantinya hal itu dapat dimanfaatkan oleh
pihak-pihak yang berkepentingan.

“Jika gugatan terhadap KPU melalui PTUN dikabulkan maka secara hukum Pilkada Kabupaten Tangerang dapat ditangguhkan menunggu keputusan dari pengadilan yang berkekuatan hukum tetap,” pungkas Komeng sapaan akrabnya.(frwt)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.