BPD Sangiang Bentuk Panitia Pilkades Antar Waktu

BPD Desa Sangiang, Kecamatan Sepatan Timur menggelar pelantikan panitia Pikades antar waktu, Kamis (23/11/2017) beryempat di Kantor Balai Desa Sangiang. foto: Ady

BPD Desa Sangiang, Kecamatan Sepatan Timur menggelar pembentukan panitia Pikades antar waktu, Kamis (23/11/2017) bertempat di Kantor Balai Desa Sangiang. foto: Ady

FORWAT, Kabupaten Tangerang – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sangiang, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang menggelar Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Peralihan Antar Waktu (PAW), Kamis (23/11/2017) bertempat di Kantor Balai Desa Sangiang. Hal itu mengingat Kepala Desa Periode 2015-2021, Akhmad B Amba telah meninggal dunia.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Camat Sepatan Timur, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang, PJS Kepala Desa Sangiang, Kasie Pemerintahan Sepatan Timur, Binamas Polsek Sepatan, Babinsa Danramil 15 Sepatan dan warga Desa Sangiang.

Ketua BPD Desa Sangiang, Komarullah, mengatakan pembentukan panitia PAW Pilkades ini dilaksanakan karena kepala desa sebelumnya telah meninggal dunia. Oleh karena menurut dia perlu dilaksanakan PAW, hak tersebut juga mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) nomor 79 Tahun 2014.

” Ketika Kepala Desa itu meninggal dunia atau tersandung kasus pidana, kemudian mengakibatkan kepala desa diberhentikan. Kalau dibawah satu tahun tidak peru di PAW. Tapi kalau diatas satu tahun maka BPD menggelar musyawarah desa untuk mengajukan pejabat kepala desa kepada Bupati melalui camat,” jelas Komarullah.
Setelah prosesnya itu dilaksanakan, maka selanjutnya pihak BPD akan mengajukan pejabat Kepala Desa dari unsur Sekretaris Desa (Sekdes).

Dikatakan Komarullah setelah pejabat Kepala Desa itu dilantik, maka secara otomatis pada saat pelantikan langsung diberhentikan, dan diangkat Kepala Desa.

“BPD diberikan waktu 15 hari untuk membentuk pantia Pilkades PAW. Selanjutnya panita bersama BPD membuat tatib dan membahas anggaran yang akan dipergunakan untuk pelaksanaan. Kami bekerja sesuai petunjuk tenknis dari kabupaten,” ujarnya.

Masih kata Komarullah, bahwa para pemilih calon Kepala Desa antar waktu berbeda dari pemilihan biasanya, para pemilih yaitu berasal dari Lembaga Kemasyarakatan, Perangkat Desa dan anggota BPD. Untuk itu Komarullah berharap panitia dapat bekerja profesional, independen dan mengerti adminstrasi. Sehingga tidak ada tembang pilih yang dapat menimbulkan kecemburuan ditengah masyarakat.

” Dari Lembaga Kemasyarakatan itu ada LPM, PKK, Kelompok Tani dan Posyandu. Kalau dari Perangkat Desa itu ada Kasie, Kaur dan Kepala Dusun,” jelasnya.

Seksi Pendidikan dan Penerangan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Sangiang,
Muhammad Saepul Lana berharap kepada panitia yang baru dilantik untuk bersifat netral, jujur dan adil, sehingga Pilkades PAW ini berjalan dengan lancar sesuai keinginan masyarakat dan tidak menimbulkan perpecahan. (ady)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.