Perkim : Program Bedah Rumah dan Jamban Sehat Sudah Capai 98 Persen

Sekretaris Dinas Perkim Kota Tangerang, H. Maryono Hasan

Sekretaris Dinas Perkim Kota Tangerang, H. Maryono Hasan

FORWAT, Kota Tangerang – Dinas Perumahan dan Pemukiman ( Perkim ) Kota Tangerang mengklaim pekerjaan Program Bedah Rumah dan Jamban Sehat sudah mencapai 98 persen. Program sosial dari Pemerintah Kota Tangerang itu ditarget rampung hingga bulan Desember ini.

Sekretaris Dinas Perkim Kota Tangerang, H. Maryono Hasan saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (16/11/2017) mengatakan, hingga saat ini pekerjaan Program Bedah Rumah dan Jamban Sehat telah dikerjakan dengan cukup baik oleh Badan Keswadayaan Masyarakat ( BKM ). Maryono optimis hingga akhir tahun ini pekerjaan program untuk kebutuhan masyarakat itu bisa diselesaikan.

“Saat ini sudah mencapai 98 persen. Jadi dapat dipastikan pada akhir tahun ini semua pengerjaan bedah rumah dan jamban sehat akan rampung dikerjakan,” ujarnya.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah bersama Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Edyward Kaban meninjau lokasi bedah rumah beberapa waktu lalu.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah bersama Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Edyward Kaban meninjau lokasi bedah rumah beberapa waktu lalu.

Maryono menjelaskan, dalam satu tahun, total keseluruhan pekerjaan Program Bedah Rumah yang telah dirampungkan sebanyak 2.314 unit, sedangkan untuk pekerjaan Program Jamban Sehat sebanyak 1000 unit.

“Dari keseluruhan pekerjaan itu menghabiskan anggaran sebesar Rp.105.229.729.600 rupiah,” kata Maryono menjelaskan.

Pelaksanaan kegiatan itu sambung Maryono, dibiayai dari APBD Kota Tangerang tahun 2017. Untuk Program Bedah Rumah dibagi menjadi 2 kategori, yaitu skala besar dan skala sedang. Untuk sekala besar kata dia, menghabiskan anggaran sebesar Rp.20 juta per unit, sedangkan untuk sekala sedang sebesar Rp.10 juta per unit.

“Tapi, di anggaran ABT ini bedah rumah berskala sedang yang tadinya menggunakan anggaran Rp.10 juta dinaikan menjadi Rp.20 juta. Ya, jika tetap menggunakan anggaran hanya Rp.10 juta masyarakat yang mendapatkan bedah rumah ogah menerima,” jelasnya.

Lebih lanjut Maryono mengatakan Program Bedah Rumah tersebut, merupakan salah satu Program Tangerang Berbenah yang digagas oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah demi menciptakan tempat tinggal yang layak huni bagi masyarakat.

“Saya harap kepada masyarakat Kota Tangerang khususnya penerima bantuan bedah rumah dapat merawatnya dengan baik,” imbuhnya.

Sementara, Sekretaris BKM Kelurahan Pabuaran Tumpeng H. Naryo mengatakan, untuk saat ini di wilayahnya ada sebanyak 21 unit rumah yang dibedah. Dari jumlah tersebut, semuanya masuk dalam skala besar.

“Kita dapat semua berskala besar, dengan anggaran per-unit Rp.20 juta. Jadi jika dikalikan 21 unit yaitu 420 juta,” ujarnya. (Adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.