UPT Pendidikan Karang Tengah Bersama Puskesmas Sosialisasikan Cegah Bahaya Filariasis dan Difteri

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Karang Tengah, Hj. Komariah saat memberikan penjelasan kepada peserta sosialisasi

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Karang Tengah, Hj. Komariah saat memberikan penjelasan kepada peserta sosialisasi Filariasis dan Difteri, Senin (6/11/2017). foto:ist

FORWAT, Kota Tangerang – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Kecamatan Karang Tengah, bersama Puskemas Pedurenan dan Pondok Bahar bekerjasama mensosialisasikan pecegahan penyakit kaki gajah (Filariasis) dan selaput lendir pada hidung (Difteri).

Sosialisasi itu berlangsung di Gedung Aula UPT Pendidikan, Kecamatan Karang Tengah, Senin (6/11/2017)  lalu dan diikuti 30 Kepala Sekolah SD negeri dan swasta yang ada di lingkup UPT Pendidikan Kecamatan Karang Tengah.

“Sudah banyak kasusnya, maka kita sampaikan kepada guru-guru melalui Kepala Sekolah juga pemahaman untuk kita, terutama Filariasis yang benar-benar kita belum paham,” jelas Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Karang Tengah, Hj. Komariah di ruang kerjanya, Rabu (8/11/2017).

Kerja sama lintas sektoral antar Puskesmas Pedurenan dan Pondok Bahar, kata dia, bukan hanya sosialisasi saja, ada pula kerja sama seperti Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan cara memberikan faksinasi kepada peserta didik.

“Meski pemberian faksinasi itu program langsung dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang, maka agar program itu berjalan dengan sesuai harapan, oleh kata itu, kita saling mendukung. Ya, karena sasaran dari program itu adalah anak didik,” ungkap wanita yang akrab disapa Bunda Kokom.

Sosialisasi itu juga, papar Kokom, tidak meski harus pihak Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang, peran aktif warga sekolah juga sangat diperlukan.

“Jadi kita juga bisa mengambil potensi-potensi yang ada di Sekolah tersebut, seperti dari almamater, orang tua murid yang memang paham soal itu, Lurah dan juga Camat untuk memberikan sosialisasi,” katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, program sosialisai pencegahan itu, adalah program yang dicetuskan oleh pihak UPT Pendidikan Kecamatan Karang Tengah, guna memberikan kenyamanan dan menjaga agar peserta didik tetap sehat.

“Program sosialisasi itu adalah bentuk kekhawatiran kita kepada para peserta didik, meski itu baru terjadi di wilayah lain tapi kita sangat khawatir karena penyebaran penyakit itu melalui udara,” pungkasnya. (Put)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.