Wali Kota Ajak Ibu-Ibu Selesaikan Persoalan Kota

dok/hms

dok/hms

FORWAT, Kota Tangerang – Pemerintah kota Tangerang kembali mengadakan sosialisasi Kampung Iklim di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Minggu (29/10).
Kali ini Sosialisasi Program Pemkot tersebut dihadiri oleh para Kader Posyandu, Ibu-Ibu RW dan juga anggota FFKTS yang ada di wilayah Kota Tangerang.
Wali Kota Tangerang H. Arief R  Wismansyah yang hadir bersama Wakil Wali Kota H. Sachrudin mengajak kepada para ibu-ibu yang hadir untuk bersama-sama menjadi pelopor dan penggerak gaya hidup bersih dan sehat di lingkungannya masing-masing.
“Kalau kata pepatah dibalik laki-laki hebat ada sosok perempuan hebat, makanya kita ingin mengajak ibu-ibu semua untuk ambil bagian dalam program Kampung Iklim, dengan menggerakkan seluruh masyarakat untuk terlibat dalam penanganan masalah perkotaan,” papar Wali Kota.
Selain itu, Arief juga mengajak kepada para hadirin yang hadir untuk bisa terlibat dalam Gerakan Shodaqoh Oksigen dengan menanam pohon di pekarangan rumahnya masing-masing.
“Tidak hanya Shodaqoh Oksigen kita juga mengajak untuk Shodaqoh Air dengan bikin biopori atau sumur resapan,” ujarnya.
Karena menurut Arief, penanganan persoalan perkotaan terutama banjir memerlukan keterlibatan semua pihak, dan hal itu bisa dimulai dari komunitas paling bawah yaitu keluarga.
“Bukan cuma Kotanya saja yang harus terus di tingkatkan kualitasnya, masyarakatnya juga harus kita jaga, kita bina.” tuturnya.
Dihadapan para ibu-ibu yang hadir, Wali Kota juga menyampaikan berbagai persoalan sosial yang timbul di kalangan masyarakat diantaranya adalah terkait tingkat perceraian yang tinggi di Kota Tangerang, dan juga KDRT.
“Namun sekarang bukan hanya perempuan yang jadi korban KDRT, laki-laki juga banyak,” terangnya.
Makanya, imbuh Arief, bukan cuma tugas Pemerintah Daerah, tapi juga tugas semua orang untuk membangun masyarakat sepaket dengan jiwa dan raganya agar terjalin antara lingkungan yang layak huni dan masyarakat yang berakhlak baik.
“Kenapa sih pada ga setia, yang namanya nyari pasangan ga ada yang sempurna. Ya harus saling nutupin satu sama lain,” tegas Arief.
Pada acara tersebut juga turut menghadirkan narasumber Bambang Irianto Ketua RW 23 Kampung Glintung Malang beserta istri yang telah berhasil membangun Glintung sebagai kampung percontohan di Indonesia.
Ir. Bambang Irianto yang juga masuk 72 Ikon Tokoh Inspiratif di Indonesia sebagaimana diketahui merupakan sosok Ketua RW yang telah berhasil merubah imej Kampung Glintung yang dulunya  sering kena banjir dan rawan aksi kriminalitas menjadi kampung Hijau yang tidak hanya Asri namun juga menjadi Kampung Wisata yang mendatangkan berkah bagi masyarakatnya, bahkan kabarnya kas di RW 23 tersebut mencapai Rp 1 Milyar.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.