Ribuan Mahasiswa se Banten Sepakat Tolak Radikalisme

Aksi tolak radikalisme  mahasiswa se Banten. foto:abdul

Aksi tolak radikalisme mahasiswa se Banten. foto:abdul

FORWAT, Kota Tangerang – sebanyak 5000 mahasiswa dari 27 kampus se-Provinsi Banten berkumpul di Lapangan LP Anak, Kota Tangerang, Sabtu (28/10/2017). Hadir pula para rektor, perwakilan yayasan dan para dosen.

Sambil mengibarkan bendera merah putih, para mahasiswa yang hadir dari berbagai (multi.red) etnis itu adalah sebagai aksi kebangsaan perguruan tinggi se-Banten menolak radikalisme dan intoleransi serta menyatakan kesetiaannya terhadap NKRI dan Pancasila. Yaitu diantaranya berasal dari Kampus UMPT, Stisip Yuppentek, Unpam, Raharja, Unis, STMIK Insan Pembangunan, STPI Curug, Untirta, UIN SMH BANTEN, UNSERA dan perguruan tinggi lainnya.

Aksi yang berlangsung sejak Pukul 10.00 WIB itu diisi dengan pagelaran musik dan budaya.

Ketua yayasan STIE Insan Pembangunan, Dr Marihot, mengatakan bahwa momentum sumpah pemuda yang 89 ini harus digunakan untuk menyatukan semua mahasiswa dari berbagai latar etnis.
“Kita adalah satu, jangan mau terpecah dan terkotak kotak. Kita gunakan pancasila untuk melawan radikalisme.” tuturnya.

Sementara menurut Rektor Unsera, Dr. Hamdhan, bahwa semangat sumpah pemuda harus terus digelorakan dan disosialisasikan ke kampus. Hal itu dimaksudkan untuk menolak perilaku radikalisme dan tetap bersatu melawan perilaku kekerasan atas nama apapun.
“Karena itu, pancasila harus dijaga,” kata Hamdhan.
Hal senada juga disampaikan Panitia Acara, Ahmad Yuslizar atau yang biasa disapa bang Yos.
“Kami sebagai alumni juga merupakan bagian dari civitas akademika. Kita akan terus menggelorakan semangat persatuan pemuda agar mahasiswa Indonesia lebih bijak menyikapi persoalan ini dan berharap mereka setia terhadap pancasila,” jelas Yos

Yos menilai, solusi perubahan di negeri ini dengan mengubah Pancasila bukanlah jawaban atau kebutuhan, sebab menurut dia Pancasila merupakan komparasi dan kombinasi dari semua ideologi.
“Hanya Pancasila lah yg sangat lengkap,” pungkasnya. (dull)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.