Musim Pancaroba BMKG Himbau Masyarakat Kota Tangerang Lebih Waspada

Kepala BMKG Stageof Tangerang, Teguh Rahayu,

Kepala BMKG Stageof Tangerang, Teguh Rahayu,

FORWAT, Kota Tangerang- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi peralihan musim kemarau ke musim hujan terjadi pada bulan Oktober hingga akhir tahun 2017. Sedangkan puncak musim hujan di wilayah Kota Tangerang diprakirakan terjadi pada bulan Desember mendatang.
” Untuk wilayah Kota Tangerang puncak musim hujan akan datang pada bulan Desember,” ujar Kepala BMKG Stageof Tangerang, Teguh Rahayu, Selasa (10/10/2017).

Menurut Rahayu, kriteria awal musim hujan ditetapkan atas dasar jumlah curah hujan dalam satu dasarian atau sepuluh hari, dan atau lebih dari 50 mm jumlah curah hujannya dan continue sampai dua dasarian berikutnya.
“Sekarang masih musim peralihan atau pancaroba,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, di musim pancaroba seringkali terjadi cuaca ekstrim yang berpotensi seperti angin kencang, petir, puting beliung, bahkan bisa muncul juga hujan es. Untuk itu Rahayu menghimbau agar masyarakat mewaspadai musim pancaroba atau peralihan musim. Sebab menurut prediksi, musim tersebut akan bergulir hingga tiba musim penghujan di bulan Desember nanti.

” Masyarakat diharapkan waspada di musim pancaroba, karena keadaan cuacanya berubah cepat sekali dan perubahan itu pun cenderung sulit diprediksi. Tapi bukan tak bisa diprediksi, fenomena musim pancaroba ini bisa dikenali waktunya. Terjadinya pada siang hari atau sore hari, namun untuk malam hari relatif normal,” himbau Rahayu.

” Dikhawatirkan masyarakat terserang penyakit flu, batuk, dan lain-lain. Maka kita tetap perlu mewaspadai musim pancaroba, siapa tahu hujan dengan curah tinggi dan berpotensi banjir. Apalagi nanti di awal musim penghujan pada bulan Desember, yang frekuensinya sudah pasti continue,” pungkasnya menambahkan.(angga)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.