Camat Karang Tengah : PAUD Melatih Mental Anak

Bunda PAUD Kota Tangerang, HJ. Aini Suci menghafiri kegiatan Parenting di Kecamatan Karang Tengah, senin (2/10/2017). foto:putra

Bunda PAUD Kota Tangerang, HJ. Aini Suci Wismansyah menghadiri kegiatan Parenting di Kecamatan Karang Tengah, Senin (2/10/2017). foto:putra

FORWAT, Kota Tangerang – Himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia (HIMPAUDI) Kota Tangerang mengelar program Parenting, Senin, (2/10/2017) bertempat di PAUD Asoka, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Kegiatan yang mengusung tema “pola asuh anak dengan orang tua cerdas” itu dihadiri oleh Bunda PAUD Kota Tangerang, Hj. Aini Suci Wismansyah, Ketua HIMPAUDI Kecamatan Karang Tengah, Siti Murniyati, Bunda PAUD Kecamatan Karang Tengah, Kholistiawati, Camat Karang Tengah, Matrobin, puluhan tenaga pendidik dan para orang tua murid PAUD se-Kecamatan Karang Tengah.

Sosialisasi program-program yang diselenggarakan oleh lembaga PAUD itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas orang tua dalam memberi bimbingan terhadap anak.

Bunda PAUD Kota Tangerang Hj. Aini Suci mengatakan, bahwa kegiatan itu adalah untuk berbagi pengalaman dan mengajak para orang tua untuk bersama-sama memberikan pola asuh yang terbaik untuk anak-anaknya.

“Kalau psikolog bilang, anak itu peniru ulung sifat orang tuanya, maka jangan sampai kita memberikan pola asuh dan contoh-contoh yang tidak baik untuk anak-anak kita,” kayanya.

Maka apabila memberi contoh, terang Aini, orang tua harus lebih dulu yang menjalankan aturan-aturan dan contoh tersebut.

“Kasih sayang dan komunikasi adalah hal yang tepat untuk menyampaikan aturan dalam rumah tangga kepada anak-anak,” ujarnya.

Selain di Kecamatan Karang Tengah, sosialisasi juga telah dilakukan di 10 Kecamatan yang berada di wilayah Kota Tangerang.

“Dari 13 Kecamatan se-Kota Tangerang yang akan kita lakukan sosialisasi besok tinggal di Kecamatan Jati Uwung dan Kecamatan Periuk saja,” katanya.

Para orang tua dan tenaga pendidik Paud antusias mengikuti kegiatan Parenting di Kecamatan Karang Tengah. foto:putra

Para orang tua dan tenaga pendidik PAUD tampak antusias mengikuti kegiatan Parenting di Kecamatan Karang Tengah. foto:putra

Sementara itu, Camat Karang Tengah, Matrobin mengatakan bahwa kunjungan Bunda PAUD Hj. Aini Suci yang juga isteri Walikota Tangerang itu bisa memberi motivasi kepada tenaga pendidik dan lembaga PAUD di wilayah Kecamatan Karang Tengah.

“Jadi sekarang setiap Ibu Lurah dan ibu Camat sudah otomatis statusnya menjadi Bunda PAUD Kelurahan dan Kecamatan. Jadi dengan adanya kegiatan seperti ini otomatis bisa mendorong kegiatan-kegiatan PAUD yang ada disetiap Kecamatan,” imbuhnya.

Menurut Matrobin, selain sebagai tempat mendidik anak untuk bisa membaca dan menulis, PAUD juga tempat melatih mental anak untuk lebih mengenal lingkungannya.

“PAUD itu bagaimana mendidik seorang anak untuk bisa mengenal dan berani kepada orang lain juga lingkungan. Ya, agar ketika anak masuk ke sekolah yang lebih tinggi sudah tidak lagi cangung dan takut kepada guru,” katanya.

Hal senada disampaikan Ketua HIMPAUDI Kecamatan Karang Tengah, Siti Murniyati, mengatakan tujuan kegiatan Parenting adalah sebagai ajang silaturahmi antara orang tua murid dengan para guru. Dalam pertemuan itu juga disampaikan bagaimana mengasuh anak dengan baik dan benar.

Siti berharap kegiatan Parenting HIMPAUDI itu bisa membawa perubahan bagi guru PAUD, khususnya di Kecamatan Karang Tengah dan orang tua bisa mengasuh anak-anaknya dengan baik dan benar.

“Jadi dengan adanya Parenting ini, orang tua bisa memisahkan dan menilai apa yang bisa dilakukan dan tidak mesti dilakukan oleh anak,”tandasnya.(Adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.