Edyward Kaban: Kejaksaan Siap Awasi Anggaran Pilkada Kota Tangerang

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, Edwar menandatangani MoU, di Day Hotel

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, Edyward Kaban menandatangani MoU, di Days Hotel Suite, Jumat (22/9/2017). foto:ist

FORWAT, Kota Tangerang – Agar perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Tangerang berjalan lancar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang mengandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang.

Kerjasama antar lembaga itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (memorandum of understanding (MoU) di Days Hotel & Suite, Jumat (22/9/2017) pagi.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi saat ditemui usai kegiatan mengatakan, bahwa Kejaksaan sebagai pengacara negara diharapkan bisa membantu KPU dalam penanganan permasalahan hukum. “Jika ada pelanggaran-pelanggaran maka ranahnya Kejaksaan,” ujarnya

Sanusi menambahkan, terkait kerjasama dengan pihak Disdukcapil, adalah bertujuan untuk mempermudah mengakses data kependudukan dari pemerintah, dan sebagai pengelolaan data pemilih Pemilu menyongsong Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 mendatang.

“Dengan data yang valid sehingga bisa meminimalisir persoalan data pemilih,” ungkap Sanusi.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang, Edyward Kaban SH MH mengatakan, setelah diberi kuasa khusus dari lembaga pemerintah. Dirinya mengaku siap untuk mendukung dan mengawasi proses Pilkada Kota Tangerang hingga selesai.

“KPU memperoleh dana dari pemerintah.Kejaksaan ingin pengeluaran dana pemerintah yang digunakan KPU bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Selain anggaran, kata Edyward, pihaknya juga akan mendampingi KPU dan Disdukcapil apabila ada gugatan dari pendukung atau peserta Pilkada yang akan dihelat tahun 2018 mendatang.

“Kami telah diberi kuasa khusus oleh KPU. Tanpa kuasa khusus kami tidak bisa mendampingi,” jelasnya.(angga)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.