Pendiri Facebook Dijadikan Nama Jalan di Yogyakarta

Pendiri Facebook, Mark foto:net

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg foto:net

FORWAT, Nasional –┬áNama penemu dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg diabadikan menjadi nama Jalan di Kampoeng Cyber, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Pria bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg yang lahir di kawasan bernama Dobbs Ferry, Westchester County, Kota New York, Amerika Serikat 14 Mei tahun 1984 silam itu memang pernah berkunjung ke Kampoeng Cyber. Sebelumnya dikenal sebagai Kampung Tamanan- pada bulan Oktober 2014 lalu.

Peristiwa kunjungan Zuckerberg, kini diabadikan sebagai nama jalan yang dilaluinya ketika itu.
“Dulu, Mark jalan di sepanjang jalan itu. Dia ngobrol di dekat pos ronda,” ujar Antonius Sasongko, penggagas Kampoeng Cyber, mengingat kejadian tersebut, dilansir dari KompasTekno, Minggu (10/9/2017).

“Mark datang begitu saja, spontan,” lanjut pria yang sering disapa Koko ini.

Zuckerberg datang mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya. Rupanya dia mendengar kabar soal Kampoeng Cyber yang warganya giat memanfaatkan internet untuk membantu kegiatan sehari-hari, lalu merasa penasaran.

Sebuah kunjungan ke Kampoeng Cyber pun disiapkan di sela-sela kegiatan Zuckerberg di Indonesia pada 2014 lalu. Saking tiba-tibanya kunjungan Zuckerberg, beberapa warga sempat mengira dia sebagai salah satu turis bule yang memang sering wira-wiri di sana.

Setelah ngobrol barang satu jam dengan warga soal penggunaan internet di Kampoeng Cyber, Zuckerberg pun melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Belakangan, bersama dengan perayaan 17 Agustus tahun ini, warga berinisiatif menamai jalan yang dilalui sang pendiri Facebook sebagai “Zuckerberg Street” (kmpstek.*)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.