Lestarikan Budaya Betawi, Kecamatan Pinang “Nanggap” Lenong

 

Camat Pinang, Agun Djumhendi (kanan) bersama Lurah dan Komedian Betawi, Azis foti Gagap (tengah) sedang menyaksikan musik Lenong Betawi sebelum tampil, Sabtu (26/8/2017) malam. foto: angga

Camat Pinang, Agun Djumhendi (kanan) bersama Lurah dan Komedian Betawi, Azis Gagap (tengah) sedang menyaksikan musik Lenong Betawi sebelum tampil, Sabtu (26/8/2017) malam. foto: angga

FORWAT, Kota Tangerang -Kesenian tradisional Lenong Betawi identik dengan budaya masyarakat Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Namun, kini keberadaan warisan budaya nenek moyang itu mulai tergerus modernisasi zaman.

Maka untuk melestarikan budaya asli masyarakat betawi itu, dimomen hari jadi Bangsa Indonesia yang ke 72,
Kecamatan Pinang sengaja menggelar Hiburan Rakyat Lenong Betawi, Sabtu (26/8/2017) bertempat di pelataran Kantor Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Rangkaian kegiatan malam puncak Kampung Merdeka itu diisi oleh berbagai acara lainnya yaitu diantaranya, palang pintu dan pembagian hadiah kepada pemenang lomba tingkat kelurahan.

Komedian Aziz Gagap yang tampil di atas panggung menjadi pusat perhatian
ratusan masyarakat yang hadir di malam itu.
Gelak tawa penonton itupun pecah saat komedian yang terkenal lewat acara Opera Van Java itu berbicara dengan terbata bata. Kemeriahan hiburan rakyat tersebut berlangsung hingga akhir acara.

IMG-20170827-WA0024

Camat Pinang, Kota Tangerang, M. Agun Djumhendi mengaku bahagia karena bisa menghibur masyarakat Pinang yang hadir di acara itu.

Menurut Agun, pagelaran Lenong Betawi merupakan salahsatu alternatif hiburan rakyat di Kecamatan Pinang. Untuk itu, kata Agun, pihak Kecamatan Pinang sengaja mengundang komedian terkenal Aziz Gagap untuk meramaikan malam puncak Kampung Merdeka di Kecamatan Pinang.

Agun berharap dengan mendatangkan komedian yang memiliki ciri khas jambul kuning itu bisa menghibur masyarakat Pinang.

” Kedatangan Aziz Gagap disini bisa menarik perhatian masyarakat, sehingga mereka bisa berdatangan ke kantor Kecamatan. Kapan lagi kita bisa berkumpul bersama dengan masyarakat,” katanya disela sela acara.

Agun menambahkan, sebelum acara Lenong Betawi itu dimulai, juga telah dilaksanakan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba Kampung Merdeka tingkat Kelurahan. Dalam kesempatan itupula, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah turut hadir dan memberi sambutan.

” Sebelum acara malam ini, tadi sore kita mengundang para pemenang lomba di kegiatan Kampung Merdeka tingkat Kelurahan. Walikota Arief R Wismansyah juga ikut hadir,” tutupnya.(angga)

Leave a Reply

Your email address will not be published.