Anggota BPBD Kota Tangerang Kibarkan Bendera Gede Jasa dari Ketinggian 120 Meter

foto : Ilustrasi

foto : Ilustrasi

FORWAT, Kota Tangerang – Ada yang berbeda dalam menyambut peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 72 di Kota Tangerang. Hari ini,
Rabu (2/8/2017) petugas gabungan yang terdiri dari, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, anggota TNI Kodim 05/06 Tangerang dan mahasiswa pencinta alam (Mapala) akan mengibarkan Bendera Merah Putih berukuran raksasa dari atas Gedung Apartemen di Kawasan Bisnis Tangcity, Kota Tangerang. Bendera Merah Putih berukuran 75 x 50 meter itu diberi nama Bendera Gede Jasa.

Kepala Seksi ( Kasi ) Sarana dan Prasarana (Sarpras) BPBD Kota Tangerang, Rana Rachdiana mengatakan, sebanyak 14 orang anggota BPBD dilibatkan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih (Bendera Gede Jasa.red) dengan cara diturunkan dari atas gedung setinggi 120 meter dan diringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

” 3 orang anggota BPBD bertugas menurunkan bendera gede jasa dari atas gedung dengan ketinggian 120 meter. 6 orang bertugas menahan tali (bilay) dan yang lainnya berjaga-jaga,” ujarnya.

Untuk mengibarkan bendera seberat 4 kwintal itu, kata Rana, pihaknya telah melengkapi anggota BPBD dengan peralatan keselamatan, yaitu seperti, tali statis (tali karmantel) sebanyak 8 roll, karabiner, figur x sebanyak 32 buah, wabing sebanyak 20 buah, helm keselamatan sebanyak 20 buah dan sarung tangan sebanyak 20 buah.

Rana berharap kegiatan menyambut HUT RI ke 72 tahun itu dapat berjalan baik dan lancar, sesuai yang dinginkan.

” Untuk alat keselamatan tambahan, kita ada harnes body, carabiner snap, discender, prusik, ascander dan pulley. Penanggung jawab kegiatan ini langsung di pimpin oleh Kepala Pelaksana BPBD, Bapak Irman Pujahendra. Ya semoga kegiatan ini berjalan lancar,” katanya.

Sebelumnya Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, bahwa dalam rangka peringatan HUT RI yang ke 72 tahun, Pemerintah Kota Tangerang bersama anggota Kodim 05/06 Tangerang akan mengibarkan Bendera Merah Putih berukuran raksasa. Bendera itu kata Arief, diberi nama Bendera Gede Jasa.

Arief berharap kegiatan fenomenal itu bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat Kota Tangerang.

” Kita ingin membuat kegiatan yang kreatif dan inovatif. Kita sudah bicarakan dengan pak Dandim. Nanti kita akan kibrakan bendera gede jasa dari atas gedung, ya ukurannya 75x 50 meter,” pungkas Arief disela sela acara Milad DPD KNPI Kota Tangerang ke 44 beberapa waktu lalu.(lla)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.