Arief Buka Job Fair Kota Tangerang

JOBFAIR METROPOLIS - WALIKOTA3

FORWAT, Kota Tangerang – Antusiasme masyarakat begitu tinggi, ribuan lembar aplikasi yang sudah dibagikan, ludes sejak pagi. Hal itu juga dapat dilihat dari banyaknya para pencari kerja yang turut memenuhi lokasi Job Fair Kota Tangerang tahun 2017, yang dipusatkan di Mall Metropolis Kota Tangerang, dari tanggal 18-20 Juli 2017.

Untuk itu, Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, yang hadir membuka acara, sangat mengapresiasi kepada semua perusahaan yang terlibat dalam Job Fair kali ini dan mudah-mudahan perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Tangerang bisa terus berkembang, sehingga terus mampu membuka lapangan kerja baru.
Apalagi hampir tiga ribuan industri dan ribuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terus Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dorong melalui kegiatan-kegiatan seperti festival dan lainnya, agar yang tadinya usaha mikro dapat semakin berkembang menjadi usaha menengah hingga usaha besar.
Oleh karena itu, Ia meminta agar kepada masyarakat Kota Tangerang, untuk terus meningkatkan kualitas kompetensi, kapabilitas, keahlian dan bersungguh-sungguh dalam bekerja, berkarya di Kota Tangerang sebagai Kota Seribu Industri, Sejuta Jasa.
“Peluang tersebut tentu sebuah kesempatan yang harus dapat dimanfaatkan dengan baik, dengan terus meningkatkan kualitas diri,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan, selain melalui Job Fair, Pemkot Tangerang juga turut membuka akses bagi para pencari kerja yaitu melalui aplikasi Tangerang LIVE ‘Siap Kerja’. Di mana masyarakat cukup mengaksesnya melalui sistem online, dengan mengisi sesuai dengan bakat dan minat. “Daripada numpukin lamaran, mendingan manfaatin aplikasi Tangerang LIVE ‘Siap Kerja’-nya,” bebernya seraya menambahkan, Balai Latihan Kerja (BLK) juga terus diperbanyak di tiap kecamatan. Dengan demikian, keahlian masyarakat dapat terus diasah sehingga selain mencari kerja juga dapat mampu hidup mandiri dengan berwirausaha.

Diakhir paparannya, Arief berharap, partisipasi dunia usaha dan para HRD yang ada di Kota Tangerang dapat terus mampu meningkatkan kualitas para pekerja di Kota Tangerang, sehingga mampu menghasilkan pekerja-pekerja yang ahli dalam rangka mengembangkan usaha yang digeluti di perusahaan masing-masing.
“Mudah-mudahan hasil karya masyarakat Kota Tangerang yang bekerja di perusahaan-perusahaan Kota Tangerang mampu menjadi produk-produk kebanggaan Kota Tangerang, dari Tangerang untuk Indonesia,” harapnya.

Kemudian, dalam laporannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, Moh. Rakhmansyah, menyampaikan, adanya Job Fair ini tak lain sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan sesuai dengan bakat serta minat, pengetahuan serta keterampilannya. Selain itu, dapat terpenuhinya kebutuhan perusahaan terhadap tenaga kerja.

Sebagai kota industri di mana terdapat sekitar 3301 perusahaan, yang juga sebagai salah satu sektor penunjang perekonomian di Kota Tangerang, tentu kami harapkan hadirnya Job Fair, dapat turut menjawab kebutuhan masyarakat dalam upaya meningkatkan tingkat perekonomiannya.

Sebagai informasi, perusahaan yang berpartisipasi dalam Job Fair sebanyak 45 perusahaan, dengan lowongan pekerjaan sebanyak 9161. Terdiri dari lowongan dalam negeri sebanyak 4461 dan luar negeri 4700. Meliputi bidang kerja seperti akuntan, auditor, IT, HRD, apoteker, engineer. Adapun untuk lowongan pekerjaan ke Korea meliputi bidang manufaktur dan perikanan. Sedangkan Jepang yaitu perawat. Adapun pendaftar melalui web Disnaker, tercatat sebanyak 7597 orang. (Hms/lla)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.