Di Kota Tangerang Raskin Hilang Diganti BNPT

foto illustrasi

foto illustrasi

FORWAT, Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tidak lagi menerima beras masyarakat miskin (Raskin) tahun 2017. Namun, Pemerintah setempat mengantinya dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Kepala Bulog Subdivre Tangerang, Pramono mengatakan, sejak tahun 2017 Pemkot Tangerang tidak lagi menerima bantuan raskin, melainkan bantuan pangan non tunai atau yang disebut BPNT dari Kementrian Sosial yang juga diperuntukan untuk masyarakat miskin di Kota Tangerang.

Menurut Pramono, Sistem yang dipakai dalam penyaluran BPNT ini menggunakan kartu yang memiliki multi fungsi, yaitu sebagai e-wallet yang dapat menyimpan data penyaluran bantuan pangan serta berfungsi sebagai kartu tabungan. Dengan sistem ini, lanjut Pramono, BPNT akan langsung disalurkan ke rekening penerima manfaat dalam hal ini E-wallet dan hanya dapat digunakan untuk membeli barang sesuai program yang ditetapkan pemerintah.

“Itu kerjasama antara BNI dan Kemensos bantuanya berupa beras dan gula itupun baru berjalan 2 bulan,” katanya Senin (17/7/2017).

Dalam sistem penyaluran itu kata Pramono, juga dibangun pula sistem monitoring berupa dashboard yang bersifat online untuk pemantauan, penyaluran, dan penyerapan bantuan sosial serta rekonsiliasinya. Sistem ini dapat diakses untuk kepentingan secara nasional sampai dengan Desa.

“Untuk pengembangan kedepan, metode ini juga dapat diterapkan untuk penyaluran bantuan sosial atau subsidi lainnya seperti pupuk dan elpiji, sehingga dapat mendukung program pemerintah untuk bantuan sosial dan subsidi,”katanya.

Sementara penerima BPNT dapat mendatangi Agen 46 BNI atau Agen-agen Branchless Banking lain dari Bank Himbara untuk memanfaatkan bantuan pangan tersebut. Untuk penyalurannya BPNT adalah hanya bisa dicairkan dalam bentuk komoditas pangan.

Untuk diketahui, pada penyaluran BPNT perdana hanya dapat dicairkan menjadi beras bersubsidi sebanyak 10 kilogram (kg) dan gula sebanyak 2 kg atau senilai Rp110.000 perorang. Bantuan tersebut tidak dapat dicairkan dalam bentuk uang.(dul/lla)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.