Disdukcapil Kota Tangerang Raih Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Tahun 2017

787

Sekda Kota Tangerang, Dadi Budaeri dan Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangerang, Erlan Rusnarlan berfoto bersama usai menerima penghargaan beberapa waktu lalu.

FORWAT, Kota Tangerang – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang  meraih Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik, Kamis (2/3/2017) lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur kepada Walikota Tangerang Arief R Wismansyah yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Dadi Budaeri dan Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, Erlan Rusnarlan, bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Kementrian PAN RB, Jakarta.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Erlan Rusnarlan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/3/2017) mengatakan bahwa penghargaan Role Model berhasil diraih berkat kerjasama seluruh jajaran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Yaitu atas penyelenggaraan pelayanan terbaik yang diberikan kepada masyarakat Kota Tangerang.

“Aktifitas pelayanan yang transparan dan cepat serta ramah yang diberikan jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan catatan tersendiri bagi tim evaluasi Pemerintah Nasional,” ujarnya.

Kata Erlan, penghargaan Role Model yang ia terima itu akan dijadikan sebagai motivasi pihaknya untuk lebih meningkatkan kinerja.

“Penghargaan ini sebagai motivasi bagi kita untuk selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat dalam mewujudkan pelayanan yang tepat dan cepat,” imbuhnya.

Lanjut Erlan, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan yang cepat, tepat, efisien dan sesuai aturan. Selain itu organisasi yang dipimpinnya juga akan terus melakukan terobosan-terobosan baru untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam melakukan pengurusan kependudukan.‎

“Kalau semua persyaratannya sudah lengkap dan dokumen administrasinya sudah sesuai ketentuan yang berlaku, maka prosesnya akan sangat cepat apalagi kita sebagian besar sudah menggunakan sistim layanan elektronik,” jelasnya.

Erlan menambahkan bahwa  penghargaan yang telah ia raih itu merupakan komitmen Disdukcapil Kota Tangerang atas bentuk pelayanan yang selama ini telah dilakukan pihaknya. Yaitu diantaranya pelayanan akte keliling yang setiap bulannya dilakukan di seluruh kecamatan, pelayanan kartu keluarga (KK), akte mobil keliling dan akte online.

“Seperti, pelayanan online menggunakan motor dengan cara keliling di setiap kelurahan. Semakin banyak warga yang hendak menyelesaikan administrasi kependudukan. Maka mulai bulan Maret ini Disdukcapil akan menempatkan secara khusus para operator di setiap kecamatan. Jadi berbagai pelayanan kependudukan seperti pindah datang antar Kabupaten, Kota dan Provinsi, pengaktifan dan input NIK, memperbaharui KK, perekaman KTP elektronik bisa cukup datang ke kecamatan tempat warga berdomisili,” pungkasnya. (Adv)‎

Leave a Reply

Your email address will not be published.