Jalan Sehat Ramaikan Kegiatan Kampung Kita Di Kecamatan Cipondoh

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah bersama Camat Cipondoh, Kiki Wibhawa dan masyarakat mengikuti jalan sehat, Minggu (5/3/2017).

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah bersama Camat Cipondoh, Kiki Wibhawa dan masyarakat mengikuti jalan sehat, Minggu (5/3/2017).

FORWAT, Kota Tangerang – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangerang Ke-24 Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar beberapa acara, diantaranya “Kampung Kita” yang diselenggarakan di Kecamatan Cipondoh, Minggu (5/3/2017). Dalam kegiatan itu, sebanyak 1500 orang peserta hadir mengikuti acara jalan sehat dengan  menempuh rute sepanjang tiga kilometer. Para peserta melibatkan  pegawai Kecamatan, Koramil, Polsek Cipondoh, FKTS Kecamatan, Puskesmas Cipondoh, pegawai Kelurahan, guru SD dan SMP, komunitas sepeda onthel dan santri dari Pondok Pesantren Jabanur. “Jalan sehat itu kita jadikan ajang perlombaan. Kategorinya  dibagi dua,  gerak jalan dengan memungut sampah dan gerak jalan indah,” ujar Camat Cipondoh, Kiki Wibhawa usai kegiatan.

Dalam acara jalan sehat itu, jelas Kiki,  peserta diharuskan memungut sampah yang ada di jalan. Sampah-sampah tersebut kemudian dikumpulkan dalam kantong plastik yang tersedia. Selanjutnya peserta yang paling banyak mengumpulkan sampah akan dinobatkan menjadi pemenang. Sedangkan untuk peserta gerak jalan indah dinilai dari sisi keindahan dan kerapihan.

Tak hanya perlombaan gerak jalan sehat saja,  kemeriahan peringatan hari jadi Kota Tangerang Ke-24 itu juga diisi dengan perlombaan tumpeng, brending wilayah dan marawis.

“Untuk lomba tumpeng dan brending pesertanya dari Kelurahan. Untuk perlombaan brending ‎yang dinilai  adalah estetika gapura. Juri juga menilai kebersihan wilayah, kehijauan, kerapihan serta partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan (mengikuti kegiatan kerja bakti.red),” imbuh Camat menjelaskan.

Sedangkan untuk lomba marawis dan tumpeng bertujuan untuk memperkenalkan makanan khas tradisional dan budaya islam kepada masyarakat. Khususnya kepada pegawai Kecamatan, Kelurahan dan peserta didik yang ada di wilayah Kecamatan Cipondoh.

“Dalam tumpeng itu peserta harus menggunakan makanan khas masyarakat Cipondoh sebagai lauk pauk. Hal itu bertujuan untuk mengenalkan kuliner yang ada di Kota Tangerang kepada masyarakat,” katanya.

Camat Cipondoh, Kiki Wibhawa memberikan doorprise kepada peserta Jalan Sehat, Minggu (5/3/2017).

Camat Cipondoh, Kiki Wibhawa memberikan doorprise kepada peserta Jalan Sehat, Minggu (5/3/2017).

Sementara pada acara puncak HUT Kota Tangerang Ke-24, Kecamatan Cipondoh melalui Kelurahan Cipondoh Makmur  sukses meraih Juara 1 Umum Kampung Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).  Penghargaan langsung diberikan oleh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah di Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang bebarengan dengan penutupan Tangerang Expo, pekan lalu.

Lurah Cipondoh Makmur, Boyke Urif menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yg telah membantu dan mendukung kegiatan Kampung PHBS di Kelurahan Cipondoh Makmur. Sehingga,  menjadi yang terbaik di Kota Tangerang. Menurut Boyke, prestasi yang diraih itu bukan semata-mata untuk mendapatkan penghargaan. Akan tetapi dapat dijadikan motivasi dan penambah semangat untuk tetap menjaga kebersihan, keindahan, dan kesehatan lingkungan, khususnya di wilayah Kelurahan Cipondoh Makmur.

Ia berharap, masyarakat Cipondoh Makmur dapat semakin kompak untuk menjaga kebersihan dengan semangat gotong royong melalui kerja bakti. “Insya Allah kalau lingkungannya sudah bersih, pasti warganya akan sehat, dan bila warganya sehat otomatis kesejahteraannya pun meningkat,” tutupnya. (Adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.