Lagi, Pejabat Pemadam Kebakaran Kota Tangerang Terjerat Kasus Hukum

4545

FORWAT, Kota Tangerang  – Lagi lagi, pejabat Dinas Pemadam Kebakaran yang sekarang menjadi Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang  terjerat kasus hukum.

Seperti diketahui pada tahun 2014 lalu, Kejaksaan Negeri  Tangerang telah menetapkan mantan kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang, Diding Iskandar sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan mobil tangga pemadam kebakaran tahun 2013. Akibat tindak pidana itu negara dirugikan sebesar Rp 4,7 miliar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun forwatnews.com, bahwa kasus yang menjerat pejabat BPBD Kota Tangerang itu bermula adanya laporan dari masyarakat terkait dugaan pungutan liar (pungli) retribusi proteksi alat pemadam kebakaran yang diluar ketentuan Peraturan Daerah (Perda). Yaitu berkisar puluhan juta yang diminta kepada penggelola dan pengusaha. Pungutan tersebut diduga untuk memuluskan pemeriksaan proteksi alat pemadam kebakaran yang menjadi salahsatu persyaratan kelayakan gedung. Yaitu diantaranya bangunan  apartemen, hotel dan gedung perkantoran. Saat dikonfirmasi, Kamis (2/3/2017) Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus), Kejaksaan Negeri Tangerang, Tengku Firdaus membenarkan adanya kasus hukum yang menjerat pejabat BPBD Kota Tangerang.

Menurut dia, pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku dugaan kasus pungutan ilegal tersebut.

“Kami masih mengumpulkan alat bukti, keterangan dari saksi serta  data-data yang akurat,” ujar Firdaus melalui sambungan telepon.

Firdaus juga enggan memberikan keterangan lebih lanjut.

“Saya belum bisa memberikan keterangan terbuka mas, karena masih dalam proses penyelidikan,” katanya.

Sementara terkait hal tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Dadi Budaeri yang juga menjabat sebagai Kepala BPBD Kota Tangerang ketika dimintai keterangan enggan berkomentar.

“Kalau soal itu mah saya no comment, tunggu hasil pemeriksaan kejaksaan saja nanti,” kilahnya.

Sedangkan hingga berita ini dirilis, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang,  Irman Pujahendra belum bisa dimintai keterangan bahkan terkesan menghindar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun bahwa Kejaksaan Negeri Tangerang diketahui telah memeriksa kepala pelaksana BPBD Kota Tangerang Irman Pujahendra, mantan Sekretaris BPBD, Teddy Roestendi Poernama (sekarang Camat Benda) Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Afdiwan (sekarang menjabat Kabid di Dinas Pertanahan) dan meminta keterangan dari tim pemeriksa proteksi alat pemadam kebakaran sejak bulan Januari lalu. (lla)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.