Arief : Ngurus Anak Haruslah Leukeun

SEMINAR 1

FORWAT, Kota Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan menggelar Seminar Kesehatan bertema 1000 Hari Pertama Kelahiran, kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Al Amanah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (22/2/2017).

1000 hari pertama ini menjadi penting karena selama 1000 hari ini dipercaya bahwa anak sedang berada dalam masa emas pertumbuhannya. Pemenuhan gizi yang baik selama 1000 hari pertama kehidupan akan membuat kemampuan anak untuk tumbuh dan belajar menjadi lebih baik. 1000 hari pertama kehidupan dihitung mulai dari hari pertama konsepsi lalu terbentuk embrio hingga anak berusia 2 tahun. Kecukupan gizi selama hamil hingga tahun-tahun pertama kehidupan anak berperan dalam membentuk fungsi otak hingga membantu memperkuat sistem imun. Dikatakan pula pada 1000 hari pertama kehidupan, sudah dapat ditentukan bagaimana masa depan anak kemudian.

Mengingat pentingnya 1000 hari pertama kehidupan dalam menentukan masa depan anak, Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam sambutannya meminta kepada para peserta seminar yang terdiri dari 330 ibu hamil di Kota Tangerang untuk bisa memberikan kecukupan gizi terhadap anak semenjak dalam kandungan, termasuk di dalamnya rutin memeriksakan kandungan ke petugas kesehatan.

“Kita hrus benar-benar siapkan masa depan anak kita semenjak dari kandungan,” jelasnya.

“Coba yang berobatk ke Bidan angkat tangan? Yang ke dokter? Yang ke dukun?,” canda Walikota.

Selain itu, Walikota juga menjelaskan bahwa tanggung jawab dalam membesarkan anak merupakan tanggung jawab kedua orangtuanya. Untuk itu diperlukan kerjasama dari kedua orangtua untuk mendidik dan membesarkan anak.

“Mengurus keluarga itu bukan hanya ibunya, bapaknya juga harus ikut bertanggung jawab. Kan ada istilah yang salah kaprah bahwa urusan rumah tangga urusan perempuan itu, ini yang salah bu. Karena ngurus keluarga itu harus leukeun,” jelas Walikota.

Kunci keberhasilan anak, disampaikan Walikota juga bisa ditentukan oleh besar kecilnya perhatian yang dibeirkan orang tuanya terhadap anak-anaknya, untuk itu kehadiran orang tua sangat penting dalam membentuk karakter anak.

“Beri perhatian buat anak-anak kita, sesibuk apapun,” ujar Walikota sambil menceritakan pengalamannya menjadi seorang ayah bagi 4 (empat) orang anak.

Selanjutnya, Walikota juga bercerita berbagai program kesehatan yang telah dimiliki oleh Pemkot Tangerang, antara lain terkait layanan kesehatan Home Care dan SMS Bunda yang memungkinkan masyarakat untuk mengaksel layanan kesehatan cukup dari rumahnya.

“Kita punya aplikasi Tangerang Live bu, ibu bisa mendapatkan pelayanan Ambulan Gratis dan Mobil Jenazah Gratis,” jelas Walikota sambil mempraktekkan cara penggunaank aplikasi tersebut di depan para peserta.

Aplikasi Tangerang Live merupakan cluster aplikasi yang dipunya oleh Pemkot Tangerang berbasis android yang bisa diakses melalui Play Store. Sedangkan layananHome Care dan SMS Bunda bisa diakses melalui 08113347774. (Riis)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.