Di Kota Tangerang, 800 Pemilih Disabilitas Ikuti Pilkada Banten 2017

IMG-20170213-WA0012

FORWAT, Kota Tangerang – Sebanyak 800 pemilih penyandang disabilitas di Kota Tangerang dipastikan mendapatkan hak pilihnya dalam penyelenggaraan Pilkada Banten 2017 pada Rabu (15/2/2017) mendatang. Demikian dinyatakan Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi, Senin (13/2/2017).

Menurut Sanusi, dari total 1.127.914 daftar pemiih tetap (DPT) di Kota Tangerang, tercatat sebanyak 800 orang penyandang disabilitas didalamnya. “Ada 0,07 persen pemilih yang menyandang disabilitas dalam DPT di Kota Tangerang. Mereka kami harapkan bisa menyalurkan hak pilihnya saat hari pemungutan suara nanti,” kata Sanusi.

Dikatakan Sanusi, 800 pemilih penyandang disabilitas ini terbagi menjadi, 223 orang penyandang tuna daksa, 73 orang penyandang tuna netra, 135 orang penyandang tuna rungu/wicara, 295 orang penyandang tuna grahita, dan 74 orang penyandang disabilitas lainnya. “Data ini tercatat jelas dalam DPT kita dan status disabilitasnya,” katanya.

Sanusi menjelaskan, untuk mengakomodir para pemilih disabilitas ini, KPU Kota Tangerang telah menyertakan selembar alat baca surat suara braile bagi penyandang tuna netra di setiap TPS. Selain itu, KPU juga menyediakan formulir A.3, atau surat pendampingan bagi para penyandang disablitas yang membutuhkan pendamping dalam melakukan pemungutan suara.

“Prinsipnya, di setiap TPS, atau di 2.468 TPS se Kota Tangerang, KPU sudah siapkan masing-masing satu alat bantu pemungutan suara untuk tuna netra. Dan kami juga sediakan formulir pendampingan bagi penyandang disabilitas yang ingin didamping. Itu semua disiapkan karena KPU berprinsip melayani,” tegasnya.

Lebih lanjut Sanusi mengatakan, bukan hanya melayani para pemilih disabilitas, dalam Pilkada Serentak 2017 ini ada aturan terbaru bahwa, dalam folmulir C.1 diwajibkan bagi petugas KPPS mencatat data pemilih disabilitas yang memberikan hak pilihnya.

Selain itu, KPU juga menyiapkan TPS-TPS akses untuk memudahkan para penyandang disabilitas ini datang ke TPS guna menyalurkan hak pilihnya. “Salain mencatat pemilih disabilitas yang mencoblos dalam folmulir C.1, kami juga sediakan TPS-TPS akses dimana ada pemilih yang menyandang disabilitas di TPS tersebut,” pungkasnya. (Angga)‎‎

Leave a Reply

Your email address will not be published.