Karawaci Gelar Operasi Yustisi,  Puluhan KTP Warga Disita

8989

FORWAT, Kota Tangerang – Sedikitnya 31 Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga pendatang yang bertempat tinggal di kosan maupun kontrakan di wilayah Kelurahan Margasari, Kecamatan Karawaci diamankan oleh petugas trantib, saat kegiatan operasi yustisi, Rabu (28/12/2016) malam. Pendataan identitas warga tersebut serentak di 16 kelurahan di wilayah Kecamatan Karawaci.

“Sesuai dengan Perda penertiban. Jadi yang KTPnya masih luar daerah, kita bawa sementara untuk diphotocopy dan akan dijadikan arsip buat pihak Kelurahan. Setelah diphotocopy, kami langsung kembalikan ke pemilik KTP melalui RT,” ujar Lurah Margasari A. Juharto usai kegiatan.

Ia berharap, agar para pendatang yang berasal dari luar daerah dan saat ini bertempat tinggal di wilayah Kelurahan Margasari untuk segera membuat KTP Kota Tangerang. Kata Lurah, identitas diri sangat diperlukan.

“KTP itu sangat penting. Seperti dulu ada kejadian warga kami yang pindah ke daerah lain, dan mengalami musibah kecelakaan. Mereka belum mencabut berkas di Kelurahan Margasari. Jadi, ketika mereka mengurus di Rumah Sakit mengalami kesulitan,” terangnya dengan mencontohkan.

Ditempat yang sama Camat Karawaci, Kiki Wibahwa saat ditemui mengatakan jika operasi Yustisi yang dilakukan malam itu (Rabu malam.red) merupakan kegiatan rutin. Kegiatan tersebut berjalan di 16 Kelurahan dan melibatkan unsur tiga Pilar.

“Operasi ini melibatkan Tiga Pilar tingkat Kecamatan yaitu, Pak Danramil, Pak Kapolsek, dan saya sendiri (Camat.Red). Sedangkan untuk di Kelurahan itu terdiri dari Lurah, Babinsa, dan Babinkamtibnas dengan dibantu Trantib Kecamatan,” katanya.

Menurut Camat, operasi Yustisi sangat penting. Yang pertama kata Camat, kegiatan tersebut salah satu upaya dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) terkait tentang tertib administrasi kependudukan.

“Malam ini kita lakukan pengecekan identitas kependudukan di Enam Belas Kelurahan. Terutama kita prioritaskan ke penghuni kontrakan. Fakta di lapangan, warga yang sudah lama berdomisili di Kelurahan masih memiliki KTP Daerah asalnya,” tutupnya. (Angga)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.