Polda Metro Jaya Imbau Jemaat Tidak Bawa Tas Ransel ke Gereja

img-20161223-wa0014

FORWAT, Jakarta – Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya (PMJ), Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, mengimbau kepada seluruh jemaat yang akan beribadah di gereja saat perayaan Natal untuk tidak membawa tas ransel yang berukuran besar.

“Tentunya nanti dalam satu kegiatan ibadah itu biasanya pastor atau pendeta kenal dengan warganya. Biasanya dia berdiri di depan bersalaman. Jadi umat jangan menggunakan tas ransel besar. Walaupun begitu minimal tetap kami periksa dan jangan sampai pake tas biar enggak ada kecurigaan,” terang Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (22/12/2106).

Selain itu, pihak kepolisian juga menyiapkan alat pendeteksi logam atau metal detector di beberapa gereja yang dinilai rawan.

“Kami akan menyiapkan metal detector. Kami juga menyiapkan untuk beberapa gereja yang membutuhkan, silakan mengajukan kepada Kapolres. Kami akan bantu, ada beberapa kami punya,” jelas Kabid Humas PMJ.

Namun untuk jumlah personel, hingga kini Kombes Pol Argo belum dapat memastikan jumlah personel yang akan dikerahkan mengamankan gereja saat Natal. Sebab, pihaknya masih melakukan pendataan situasi sebelum personel diterjunkan.

“Ada beberapa gereja yang bermasalah. Kapolsek dan Kapolres harus tahu. Misal ada gereja yang belum lengkap IMB ada yang masih dipertentangkan warga setempat, itu perlu ada pengamanan ekstra di situ para Kapolres,” ujar Argo.

Tak hanya itu saja, Kapolres juga akan menggandeng pihak pengamanan setempat dan pengurus gereja untuk mengamankan situasi selama umat beribadah saat Natal.

“Pengurus gereja juga ada komunikasi dengan wilayah sekitarnya. Punya satpam, pemuda gereja, dan punya tetangga yang ikut membantu di situ tidak masalah dan tetap waspada,” tandasnya. (SH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.