Gerakan Kebersihan Masal Se-Kabupaten Tangerang Pecahkan Rekor Muri

img-20161223-wa0001

FORWAT, Kabupaten Tangerang – Masyarakat se-Kabupaten Tangerang serempak melaksanakan kerja bakti masal, Kamis (22/12/2016).

Kegiatan tersebut melibatkan semua komponen, seperti para Pegawai Negeri Sipil (PNS), masyarakat biasa (warga), Ormas, dan para pelajar dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kabupaten Tangerang terdiri dari 29 Kecamatan, 274 Desa dan Kelurahan. Dari setiap Desa dan Kelurahan, tidak kurang dari 500 orang yang mengikuti kegiatan tersebut.

Dari 29 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang, kami (red) berhasil meliput di Kecamatan Cikupa.

Hendar Irawan selaku Camat Cikupa menjelaskan bahwa “Gerakan Kebersihan Masal” ini bertujuan untuk memotivasi diri kita sendiri dan seluruh komponen masyarakat supaya rutin melaksanakan kegiatan bersih-bersih, yang diawali dari tempat tinggal sendiri lalu lalu tempat kerja. Selain itu kegiatan ini adalah keinginan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dalam rangka memecahkan rekor Muri (Musium Rekor Indonesia) untuk menyambut ulang tahun Kabupaten Tangerang yang ke 73 yang jatuh pada tanggal 27 Desember 2017.

Rekor sebelumnya dipecahkan oleh kota Medan. Walaupun dengan jumlah peserta yang sama yakni 120.000 orang, namun untuk rekor yang dipecahkan kota Medan, masih didominasi oleh TNI dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Berbeda dengan rekor yang dipecahkan Kabupaten Tangerang kali ini, yang pesertanya datang dari seluruh elemen lapisan masyarakat.

“Target yang dibersihkan adalah kantor Desa, kantor Kelurahan, kantor Kecamatan, kantor Pemda, sekolah, dan perusahaan. Dan kebetulan di Kecamatan Cikupa, ada 5 perusahaan yang mendapat intruksi dari Bupati,” paparnya.

Hendar pun berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat lebih menyadari betapa pentingnya kebersihan. Apabila lingkungan kita bersih, otomatis kita juga akan merasa tenang dan nyaman.

“Selain melaksanakan unsur keagamaan dan kemasyarakatan, kegiatan ini sekaligus melaksanakan filosofi dari agama Islam, Kebersihan Sebagian Dari Iman,” lanjut Hendar menambahkan.

“Tidak lupa juga kami ucapkan banyak terima kasih untuk Ormas Bppkb Banten Kecamatan Cikupa, yang turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini. Lengkap dengan seragam kebesarannya yang serba hitam,” pungkasnya.

Didalam acara bersih-bersih masal, kami (red) melihat dengan jelas ada ibu hamil tua yang ikut dalam acara kegiatan tersebut. Ibu hamil tua yang akrab disapa Bunda Srikandi dari Ormas Bppkb Banten Kecamatan Cikupa itu, sedikitpun tidak merasa khawatir dengan kandungannya mengikuti kegiatan bersih-bersih masal tersebut.

“Insya Allah bayi dalam kandungan saya sehat, itung-itung olah raga mas,” ujarnya kepada kami (red).

“Selain itu saya sangat mendukung program bapak Bupati Zaki yang arif dan cerdas selain tampan. Dan semoga saja, anak saya yang masih di dalam kandungan, kelak seperti dia,” lanjutnya menambahkan. (Adt/Wid)

Leave a Reply

Your email address will not be published.