Satpol PP Kota Tangerang Gelar Operasi Kawasan Tanpa Rokok

696

FORWAT, Kota Tangerang – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang gelar operasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2010 di Kecamatan Tangerang, Selasa (20/12/2016). Dalam operasi tentang kawasan tanpa rokok tersebut tidak hanya kantor Kecamatan yang disatroni oleh jajaran anggota Satpol PP. Namun, kantor Kelurahan yang masuk dalam wilayah Kecamatan Tangerang juga tak luput didatangi.

Dalam operasi itu, Satpol PP Kota Tangerang mengerahkan puluhan anggota dengan menggunakan 4 unit mobil operasional Satpol PP. Ketika kegiatan penertiban itu berakhir tidak ditemukan pegawai (staf.red) yang sedang merokok di dalam kantor Kecamatan maupun Kelurahan.

Salahsatu anggota Satpol PP Kota Tangerang yang enggan disebut namanya, saat ditemui di Kantor Kecamatan Tangerang, Selasa (20/12/2016) mengatakan bahwa hari ini (Selasa siang.red) Satpol PP Kota Tangerang menggelar operasi Perda 5 Tahun 2010 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Untuk hari ini (Selasa siang.red) yang menjadi target operasi yakni wilayah Kecamatan Tangerang.

“Target Operasi kita hari ini di wilayah Kecamatan Tangerang. Bahkan bukan hanya kantor Kecamatannya saja yang kita datangi, tapi kantor Kelurahan yang ada di Kecamatan Tangerang ini juga tidak luput kita hampiri,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam penegakan Perda Nomor 5 Tahun 2010 tersebut tidak ditemukannya pegawai Kecamatan ataupun Kelurahan yang melanggar. Kata dia, para pegawai telah mentaati aturan yang ada.

“Hari ini kami tidak menemukan pegawai yang melanggar Perda ini. Jadi bisa disimpulkan bahwa pegawai-pegawai tersebut telah mentaati aturan yang telah dituangkan dalam Perda Nomor Lima Tahun Dua Ribu Sepuluh,” jelasnya.

Sementara, Camat Tangerang Agus Hendra saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (20/12/2016) mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung adanya operasi kawasan tanpa rokok tersebut. Kata dia, Perda berlaku untuk semua orang termasuk pegawai.

“Baik, dapat dilakukan seperti sweeping, karena bagaimana juga pegawai Pemkot wajib memberikan contoh terlebih dulu terhadap masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, penegakan perda Nomor 5 Tahun 2010 tersebut sangat memiliki banyak manfaat. Khususnya untuk kesehatan orang yang bersangkutan (perokok.red). Bahkan bukan hanya itu, adanya Perda itu juga dapat mengurangi polusi.

Dalam hal ini, Kecamatan Tangerang telah memiliki tempat untuk para pegawai yang merokok. Saung telah dibuatkan di halaman parkir Kantor Kecamatan Tangerang dengan dihiasi kolam ikan di pinggir saung tersebut. “Kita sudah sediakan area smooking, tempatnya berada di halaman depan kantor Kecamatan,” paparnya.

Hal yang sama dikatakan Sekretaris Lurah Sukarasa, Hadi Ismanto saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (20/12/2016) bahwa dirinya juga ikut mendukung dengan ada kegiatan operas tersebut. Kata Hadi, operasi tersebut telah diatur dalam Perda No 5 Tahun 2010.

“Pada intinya dengan adanya operasi ini pegawai yang berada di instansi manapun dapat menjadi contoh masyarakat. Jika seluruh staf yang ada dapat mentaati peraturan, maka Masyarakat juga akan mentaatinya,” tutupnya. (Angga)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.