Arief Ajak Akademisi Lebih Terlibat dalam Pembangunan

636

FORWAT, Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan Universitas Islam Syech Yusuf (UNIS). Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan langsung oleh Walikota Arief R. Wismansyah dan Rektor Unis, Prof. Dr. H. Mustofa Kamis di Aula Unis Kota Tangerang, Selasa (20/12/2016).

Penandatangan kerjasama tersebut merupakan bentuk komitmen  Pemkot Tangerang dalam usahanya untuk melibatkan masyarakat dan swasta dalam mewujudkan Kota Tangerang yang maju dan dinamis dalam bingkai masyarakat yang berakhlakul karimah.

“Ini bukti bagaimana pemerintah dan perguruan tinggi bisa bersinergi untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Walikota dalam sambutannya.

Walikota juga menantang kepada para akademisi di perguruan tinggi untuk bisa menjadi bagian dari solusi penanganan persoalan perkotaan di Kota Tangerang. “Sehingga ilmu pengetahuan yang ada di kalangan akademisi benar-benar bisa diterapkan dan bisa dirasakan oleh masyarakat,” ucap Walikota.

“Nanti di Hari Ulang Tahun Kota Tangerang, kita bikin pameran pengabdian perguruan tinggi ke masyarakat. Biar masyarakat bisa menilai bahwa selama ini pergurtuan tinggi dan pemerintah hadir di tengah masyarakat,” terang Walikota merujuk pada model pameran yang menampilkan berbagai hasil penelitian atau pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh perguruan tinggi.

Terkait MoU, Walikota menyampaikan harapannya agar perjanjian kerjasama tersebut bisa menghasilkan suatu hal yang nyata yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Kota Tangerang. “Dan jangan berhenti di MoU, harus dilanjutkan di kerjasama lainnya,” harap Walikota.

“Mudahan-mudahan keterlibatan para akademisi, pembangunan bisa lebih berkualitas dan masyarakat sejahtera,” imbuhnya.

Selain itu, Walikota juga menyampaikan bahwa kalangan akademisi juga punya kewajiban untuk mengedukasi masyarakat terutama bila melihat fenomena sosial media yang begitu masive menyajikan informasi yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan.

“UNIS harus mampu mengedukasi seluruh masyarakat dalam memilih dan memilah, memanfaatkan informasi untuk kemajuan Kota Tangerang,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UNIS menyampaikan bahwa pihaknya bersedia untuk bersama-sama membangun Kota Tangerang yang menurut dia telah menjadi barometer nasional dalam segala bidang.

“Melalui kerjasama ini kita ingin mendorong dosen dan mahasiswa untuk saling bahu-membahu membangun Kota Tangerang,” papar Mustofa seraya menjelaskan bahwa UNIS punya Dosen dan Mahasiswa potensial yang menghasilkan berbagai penelitian yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Kota Tangerang.

“Makanya saya ingin hasilnya nanti bisa diimplementasikan di kota ini,” tandasnya. (Riis)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.