KPU Kota Tangerang Minta Pemkot Ikut Bertanggung Jawab Sukseskan Pilgub Banten

20161215_152423

FORWAT, Kota Tangerang – Pemerintah Daerah Kota Tangerang diminta ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur. Banten Tahun 2017 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Sanusi saat kegiatan Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat
Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2017 Bagi Insan Media Kota Tangerang, Kamis, (15/12/2016) bertempat di Gedung PGRI Kota Tangerang, Kecamatan Tangerang.

Dihadapan puluhan insan media yang tergabung di Forum Wartawan Tangerang (FORWAT) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang hadir dalam kegiatan itu, Sanusi mengatakan berdasarkan undang-undang 10 tahun 2015 pasal 133 A, bahwa pemerintah bertanggung jawab mengembangkan kehidupan demokrasi di daerah khususnya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih.

Namun saat ini, diakui Sanusi, bahwa peran Pemerintah Kota Tangerang untuk mengajak masyarakat dalam mensukseskan Pilgub Banten masih belum optimal.

Untuk itu Sanusi menghimbau, agar Pemkot Tangerang ikut berperan aktif dalam mensosialisasikan Pilkada Banten yang bakal di gelar 2017 mendatang, sehingga diharapkan partisipasi hak pilih masyarakat Kota Tangerang dapat meningkat.

“Tidak ada spanduk atau baliho yang mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pilgub Banten. Padahal di UU Pemilu pasal 113 A yang berbunyi, pemerintah wajib mensosialisasikan pilkada untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Ya kita minta pemkot ikut berperan aktif mensosialisasikan kepada masyarakat,” jelas Pane sapaan akrab Sanusi.

Selain itu peran media dalam Pilkada Banten sambung Pane sangat efektif, yaitu mencapai 63 persen. Terutama dalam peningkatan partisipasi pemilih di Kota Tangerang.

“Keberhasilan partisipasi pemilih bukan ditentukan oleh calon, tetapi 63% masyarakat tahunya dari media, KPU 22%, sedangkan dari Calonnya hanya 12%,” ujarnya. (Frwt)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.