Kelurahan Cimone Wakili Kota Tangerang pada Penilaian P2WKSS Tingkat Provinsi Banten

1

FORWAT, Kota Tangerang – Potensi perempuan adalah salah satu aset besar dan harus secara berkelanjutan dapat dikembangkan untuk membangun Negara Indonesia. Jika penduduk (wanita) tidak diberikan ruang dan kesempatan yang cukup untuk mengembangkan potensinya, maka mereka dapat menjadi beban besar bagi bangsa serta mengurangi nilai dan hasil-hasil pembangunan yang dicapai. Optimalisasi peran wanita sebagai sumber daya pembangunan harus senantiasa diupayakan dan diberdayakan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, saat membuka acara penilaian program terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), di Kelurahan Cimone, Jalan Untung Surapati No.1, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Selasa (29/11).

Salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat, lanjut Sachrudin, yaitu melalui program terpadu P2WKSS, sebagai upaya untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya alam serta lingkungan guna mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat dengan perempuan sebagai motor penggeraknya. Dengan sasarannya yaitu perempuan dengan tingkat kesejahteraan tergolong rendah dan/atau masuk dalam kategori keluarga miskin, pra sejahtera dan keluarga sejahtera.

Menurutnya, kemajuan yang telah diperoleh pemerintah daerah selama ini tidak terlepas dari dukungan kaum hawa, terutama dalam memberi motivasi dan dukungan melalui lingkungan keluarga sehat, sejahtera, berkualitas dan lingkungan masyarakat yang aman.

“Peranan perempuan sangat besar, tidak hanya dalam rangka menciptakan keluarga yang sejahtera tetapi lebih dari itu, mampu mendorong rasa kepedulian dengan partisipasi langsung membangun wilayahnya masing-masing,” kata Sachrudin.

Pemkot Tangerang bersama masyarakat, marasa terhormat dengan kedatangan tim penilai P2WKSS Provinsi Banten, untuk melihat langsung terhadap apa yang telah dilakukan selama ini di Kota Tangerang khususnya di Kelurahan Cimone dan menjadikan momen ini sebagai motivasi dalam meneruskan pembangunan secara adil dan merata, dengan peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera di daerah.

Dengan adanya penilaian dari tim P2WKSS, diharapkan akan semakin memotivasi masyarakat untuk berpacu dalam kegiatan pembangunan, pada aspek kehidupan masyarakat. Dengan menitikberatkan dalam usaha gotong royong dan swadaya masyarakat, melalui peran perempuan sebagai garda terdepan.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten, Nur Aini Yitno, mengatakan, program P2WKSS adalah upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan, khususnya pemberdayaan ekonomi perempuan dalam mempertahankan kesejahteraan keluarga.

Menurutnya, P2WKSS hendaknya akan semakin dinamis sehingga tidak hanya menjadi program kegiatan tahunan saja, melainkan dapat dinikmati semua masyarakat khususnya kaum perempuan dan keluarga dalam meningkatkan pendapatan, perilaku yang lebih baik dan produktif. Seperti halnya melalui berbagai upaya yang telah dan terus diupayakan Pemkot Tangerang melalui Kelurahan Cimone, yang telah mampu membangun dan  mengupayakan berbagai program dan pembinaan yang dilaksanakan OPD terkait/tim P2WKSS Kota Tangerang, sehingga telah menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, penghijauan, penyediaan sarana keberrsihan, pembangunan infrastruktur, bedah rumah, pembinaan kepada Posyandu, karang taruna, pendidikan anak usia dini, dan sebagainya.

“Yang terpenting, Pemkot Tangerang telah dan terus berupaya membangun kota, mulai dari kelurahan, kecamatan dengan senantiasa memberdayakan dan meningkatkan peranan perempuan. Mudah-mudahan ke depan akan semakin memberikan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang,” ujarnya seraya menegaskan, perkara menang kalah bukan tujuan utama tapi bagaimana proses pembelajaran dan komitmen peningkatan partisipasi masyarakat yang semakin terimplementasikan dengan baik. Dengan demikian, peranan perempuan tak hanya tinggi dalam pembangunan di Kota Tangerang, akan tetapi juga dalam pembangunan di Provinsi Banten. (Riis)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.