Gerakan Perlindungan Anak Se-Kampung, Komnas PA dan KPA Gandeng Pemkab Tangerang

img-20161125-wa0007

FORWAT, Kabupaten Tangerang – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) bersama Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Tangerang menggelar pertemuan dengan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Kamis (24/11/2016) bertempat diruang kerja Bupati.

Dalam kesempatan itu Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait dan Ketua LPA Kabupaten Tangerang, Dewi Sundari menyampaikan beberapa hal terkait kerjasama dan penegakan hukum terhadap beberapa kasus yang kerap menimpa anak-anak.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan terimkasih dan menyambut baik atas kerjasama Komnas PA dan LPA Kabupaten Tangerang yang baru saja terbentuk. Menurutnya lembaga perlindugan anak dapat memberikan advokasi dan perlindugan hukam bagi anak-anak yang rentan terhadap kejahatan.

Sementara, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang Dewi Sundari mengatakan bahwa kunjungan tersebut bertujuan sebagai ajang silaturahmi sekaligus mengajak Pemerintah Daerah dalam program Gerakan Perlindungan Anak Sekampung.

“Dikarenakan kita lihat saat ini, tingkat kriminalitas terhadap anak terjadi mulai dari tingkat desa. Maka perlu adanya pencegahan secara preventif sejak dini,” katanya.

Dengan adanya Gerakan Perlindungan Anak Se-Kampung, Pemerintah berencana akan membuat OPD tersendiri yang konsen terhadap perlindungan Anak dan Perempuan ditahun 2017 mendatang. Sedangkan saat ini masih dinaungi oleh BPMPPD.

“Dan juga akan segera diadakan penyuluhan terkait PA kepada seluruh Kepala Desa Se-Kabupaten Tangerang dalam waktu dekat ini, di sebabkan masih banyak lagi kasus-kasus kejahatan yang berkaitan dengan hal tersebut,” tegasnya.

Dewi berharap agar pemerintah dan LPA dapat bekerjasama untuk membangun komunikasi dan sistem yang baik dalam hal perlindungan anak terutama penangganan kasus kejahatan yang menimpa anak. sehingga hal ini dapat menjadi dasar untuk membuat program pencegahan preventif sehingga terwujudnya penyelenggaraan perlindungan anak yang optimal di Kabupaten Tangerang.

“Salah satunya dengan mewujudkan Gerakan Perlindungan Anak Sekampung, sebagi bentuk pencegahan preventif dan KPA siap membantu program pemerintah,” pungkasnya. (Dede R)img-20161125-wa0007

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.