Beri Pelayanan Kesehatan, BPBD Kota Tangerang Buka Klinik Gratis Untuk Anggota

45

Ruang Pelayanan Klinik Gratis yang diperuntukan Untuk Anggota BPBD Kota Tangerang

FORWAT, Kota Tangerang – Meski beresiko saat bertugas, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tetap menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana. Tugas dan amanah tersebut dilaksanakan dengan rasa tanggung jawab, seperti halnya saat memberi bantuan kepada korban banjir, kebakaran, kekeringan dan bencana lainnya. Melihat resiko pekerjaan dan rentannya gangguan kesehatan dari anggota di lapangan, BPBD Kota Tangerang berinisiatif membuka klinik pelayanan kesehatan gratis untuk anggotanya.

Sekretariat Unsur Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Teddy Roestendi Poernama saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/11/2016) mengatakan bahwa klinik kesehatan BPBD Kota Tangerang telah dibuka (launching.red) pada akhir bulan Oktober lalu oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Irman Pujahendra.

“Klinik itu telah dilaunching oleh bapak Irman pada akhir bulan Oktober,” ujarnya.

Kata Teddy, klinik kesehatan itu bukan hanya diperuntukan untuk anggota BPBD saja, tapi juga keluarganya. Bahkan jika diperlukan, mobil operasional BPBD juga bisa digunakan untuk membawa keluarga anggota yang sakit.

“Klinik ini bukan untuk anggota saja, keluarga anggota juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan disini. Kalau diperlukan mobil operasional juga bisa digunakan untuk membawa keluarga yang sakit kesini ” imbuh Teddy.

Dibukanya klinik kesehatan tersebut jelas Teddy, adalah sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada seluruh anggota BPBD. Terlebih dalam menjalankan tugasnya anggota dituntut selalu siap siaga, penuh resiko saat bertugas dan rentan terhadap gangguan penyakit. Sementara pengobatan yang disediakan di klinik BPBD adalah kategori penyakit ringan. Meski begitu, penangganannya tetap dibantu oleh dokter umum. Teddy berharap, dengan adanya klinik BPBD tersebut para anggota dapat terbantu dalam pelayanan kesehatan.

“Untuk anggota jam kerjanya tidak bisa ditentukan, jadi ketahanan fisik perlu diperhatikan. Bahkan, pekerjaan mereka juga sangat rentan dengan penyakit, karena berhadapan dengan situasi bencana.¬†Pelayanan kesehatan yang kami berikan bersifat ringan. Seperti masuk angin, demam dan lainnya. Dengan adanya klinik ini mereka tidak perlu memikirkan biaya untuk berobat. Jika sakit anggota bisa berobat disini, jadi tidak ada beban, mereka bisa fokus bekerja,” pungkasnya. (adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.