Walikota : Website OPD Harus Selalu Perbarui Informasi

rapat-koordinasi-admin-website-walikota-3

FORWAT, Kota Tangerang – Peran dan fungsi pemerintah dalam kerangka mensosialisasikan kebijakan dan informasi yang cepat, sangat mutlak diperlukan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan membuat suatu portal website. Dengan adanya website, informasi, komunikasi, dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat dapat dilakukan via internet. Komunikasi dan informasi dapat berlangsung dalam hitungan jam. Artinya, pelayanan pemerintah pada masyarakat menjadi lebih cepat. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, bahkan dimanapun, tanpa harus hadir secara langsung.

Oleh karena itu, Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, agar semakin memaksimalkan dan mengefektifkan sebaik mungkin keberadaan website.

“Website OPD harus selalu diperbarui informasinya agar masyarakat dapat melihat dan membaca apa yang sudah kita bangun dan laksanakan khususnya dalam rangka membangun sistem informasi kepada masyarakat,” paparnya saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Admin Website OPD di Ruang Akhlakul Karimah, Senin (21/11).

Media informasi Pemkot Tangerang kepada masyarakat harus senantiasa aktif dan inovatif, tutur wali kota, Kenapa harus aktif dan kreatif?, karena kita perlu peran serta aktif masyarakat. Kalau masyarakat melihat semua OPD sudah bergerak aktif melalui berbagai kegiatan yang ditampilkan di website masing-masing OPD, dengan segala kreativitas dan inovasi yang ditampilkan dalam penyajiannya, diharapkan mereka juga mau terlibat aktif didalam setiap kegiatan pembangunan di Kota Tangerang.

“Kita butuh peran serta masyarakat, maka penting bagi masyarakat mengetahui berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Tampilin foto atau berita kegiatan yang dilaksanakan tiap OPD, biar masyarakat lihat, baca dan dapat turut berpartisipasi,” ungkap wali kota seraya mengecek keaktifan website masing-masing OPD di lingkup Pemkot Tangerang.

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai leading sector penyebarluasan informasi di Kota Tangerang sekaligus sebagai penyelenggara Rakor Admin Website OPD di lingkup Pemkot Tangerang ini, wali kota berharap, dapat semakin memaksimalkan peran penyebarluasan informasi melalui website yang ada. Dengan demikian, fungsi pelayanan   informasi secara Government to Citizen (G2C) atau pemerintah kepada masyarakat ataupun fungsi Government to Government (G2G) dapat semakin meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan.

Menurutnya, sangat penting bagi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam membangun akuntabilitas dan transparansi melalui kegiatan yang dilaksanakan. Pemda itu, lanjutnya, dinilai oleh masyarakat, maka penting untuk membangun komunikasi kepada masyarakat melalui website yang ada setiap OPD atau perangkat kerja yang ada di lingkup Pemkot Tangerang.

Pada perkembangannya, fungsi website diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi yang bersifat pasif, namun bisa bersifat dinamis, sehingga fungsi dan peran website menjadi dua arah dan timbul efek timbal balik. Seperti halnya amanah Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government. Di mana berangkat dari pemikiran tentang pertimbangan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pemerintahan yang diyakini akan meningkatkan efesiensi, efekstifitas, transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

Dengan terwujudnya website yang bersifat dinamis, wali kota meyakini, akan diperoleh aliran informasi yang optimal antara pemerintah dan masyarakat dan sebaliknya, sehingga dalam masyarakat akan terbangun rasa memiliki dan rasa kebutuhan akan website tersebut sebagai penyambung aspirasinya.
Turut ditambahkan oleh Kepala Dinas Kominfo, Muhtarom. Dirinya menyampaikan, banyak kegiatan yang ada di Kota Tangerang, kegiatan tersebut harus dibarengi dengan keaktifan OPD dalam menyebarluaskan informasi tersebut kepada masyarakat.

Oleh karena itu, sesuai dengan arahan wali kota, untuk memaksimalkan penyebarluasan informasi melalui website OPD yang ada, ke depan Kominfo tentunya akan terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanan sistem informasi agar setiap OPD. Dengan demikian, pelayanan OPD melalui website akan semakin maksimal karena didukung berbagai kemudahan aplikasi serta jaringan yang juga semakin baik. “Kami akan terus tingkatkan kemampuan guna mendukung kelancaran setiap aktivitas website di tiap OPD,” ujar Muhtarom.

Rakor ini turut mengundang sekretaris dan admin website tiap OPD serta mengundang narasumber dari Kementerian Kominfo dan praktisi penulis berita.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.