Serius Berantas Narkoba, Pemkot Tangerang Gelar Tes Urin

rapat-evaluasi-walikota-4

FORWAT, Kota Tangerang – Pejabat eselon II, III dan IV dibawah lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menjalani pemeriksaan urine, yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan Pemkot Tangerang.

Walikota Arief R. WIsmansyah mengatakan, tes urine kali ini, dilakukan terhadap kurang lebih 800 orang PNS, Kepala Dinas, Camat, Kabag dan Kabid serta para Lurah dan Kepala UPTD Puskesmas di lingkup Pemkot Tangerang.

“Semua pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang, kebetulan kita punya kerjasama dengan BNN, mulai dari Walikota sampai Pejabat Esselon IV akan diperiksa. Kurang lebih ada 800 orang,” ujar Walikota usai menyerahkan sampel urinnya kepada petugas BNN di sela pelaksanaan Rapat Kewilayahan di Ruang Al Amanah Puspem Kota Tangerang, Senin (21/11/2016).

Ditambahkannya, pelaksanaan pemeriksaan tes urin bagi para pejabat di lingkup Pemkot Tangerang tersebut merupakan bentuk dukungan Pemkot Tangerang terhadap pemberantasan Narkoba.

Kita akan laksanakan secara berkala, ini sebagai semangat kita untuk mewujudkan Kota Tangerang yang bebas Narkoba Tangerang Bersinar bersih dari Narkoba, kita ingin masyarakat kita bersih dari narkoba maka aparatnya juga harus bebas narkoba,” terangnya.

Test yang dilaksanakan di sela Rapat Kewilayahan tersebut diungkapkannya juga dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar PNS di lingkungan Kota Tangerang tidak ikut masuk dalam jaringan narkoba.

Walikota juga menegaskan bahwa jika memang ada pejabat yang terbukti positif pada hasil test urine ini, akan dikenakan sanksi berdasarkan peraturan yang ada.

“Dan mudah-mudahan temen-temen di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang tidak ada yang menggunakan narkoba kalaupun ada nanti akan diterapkan sangsi kepegawaian apakah pembinaan atau diberikan sanksi. Kalau positif nanti kita serahkan ke tim kepegawaian,” tegasnya.

Sementara itu, Staf Ahli BNN, Komjen (Purn) DR. Ahwil Lutan yang memimpin langsung rombongan BNN menyampaikan apresiasinya kepada para pejabat di lingkungan Pemkot Tangerang terutama kepada Walikota yang sangat konsen terhadap pemberantasan narkoba di Kota Tangerang.

“Tadi lihatkan Pak Wali juga ikut periksa. Ini sebagai contoh yang baik bagi pegawai dan juga masyarakat,” jelas Kepala BNN periode 1999-2001.

“Ini membuktikan bahwa komitmen dari Walikota ingin bahwa semua staf anggota pimpinan mereka semua bersih dari narkoba,” Imbuhnya.

Ahwil Lutan juga menyampaikan bahwa pihaknya nanti juga akan melanjutkan pemeriksaan lebih mendalam bila ditemukan indikasi awal terkait penggunaan narkoba di lingkup Pemkot Tangerang.

“Apakah ada indikasi sebagai pemakai akan ketahuan, apakah pemakai awal, rutin makai atau malah sampai kecanduan. “Apabila ada kecurigaan-kecurigaan lain nanti akan dilanjutkan dengan dilakukan pemeriksaan lebih detil entah atau cek darah atau rambut,” tukasnya. (Riis)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.